Di Asia Tenggara, Tingkat Adopsi Internet Indonesia Paling Rendah

Internet Ngebut

Di Asia Tenggara, tingkat adopsi internet Indonesia paling rendah. Negeri ini bisa jadi yang pertama soal jumlah penduduk, namun urusan adopsi teknologi, bisa dibilang cukup lambat. Laporan Internet Society Internet Society menyebut jika tingkat adopsi internet Indonesia hanya 16% saja.

Berpopulasi 240 juta jiwa, negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN ini sangat lambat dalam tingkat adopsi internet. Internet Society melakukan riset dalam tiga kelompok yakni:

  1. Negara dengan 60% penduduk mengakses internet.
  2. Negara dengan adopsi internet antara 25-60%.
  3. Negara yang adopsi internet masyarakatnya belum sampai 25%.

Di kelompok pertama ada Singapura dengan 76% yang disusul Malaysia 67% dan Brunei 65 persen. Sementara di kelompok kedua dengan penetrasi 25-60% yakni Vietnam 44%, Filipina 37%, dan Thailand dengan 29 persen.

Indonesia masuk di kelompok paling buncit dengan 16% bersama Laos 16% dan Kamboja 6% serta Myanmar 1 persen. Direktur Regional Internet Society untuk Asia-Pasifik Rajnesh Singh mengatakan ada beberapa alasan mengapa Indonesia menjadi negara yang masuk di kategori paling rendah.

Salah satunya adalah tingkat ekonomi dan jumlah kelas menengah yang terus berkembang pesat di Indonesia. Namun, Indonesia sebagai negara kepulauan belum memiliki infrastruktur yang memadai. Akan tetapi, ia menyebut jika meningkatnya jumlah pengguna internet dikarenakan adopsi perangkat smartphone yang kian tinggi.

Advertisements
Di Asia Tenggara, Tingkat Adopsi Internet Indonesia Paling Rendah | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better