DeWatering Metode Cut Off

Dewatering bisa diartikan sebagai proses pengeringan yang disengaja, pekerjaan sipil yang bertujuan untuk mengendalikan air (air tanah atau permukaan) agar tidak menghambat proyek konstruksi. Dewatering dilakukan khususnya untuk pelaksanaan pekerjaan bagian struktur yang ada di dalam tanah dan di bawah muka air tanah. Tujuan dilakukan dewatering adalah untuk menjaga kestabilan lereng galian dan menjaga area galian proyek tetap kering selama proses penyelesaian pekerjaan konstruksi.

Dewatering juga dapat memberi manfaat lebih luas seperti memperbaiki kestabilan tanah, dapat mencegah pengembungan tanah, dapat mencegah perembesan, mencegah sand boil, dan dapat mencegah erosi. Pekerjaan dewatering dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. adapun tiga metode yang dapat digunakan dalam sistem pekerjaan dewatering ialah:

-Metode predrainage
-Metode open pumping
-Metode cut off

Adapun penjelasan dewatering metode cut off adalah sebagai berikut:

Metode ini dijalankan dengan memotong aliran air tanah dengan dinding pembatas supaya area proyek bisa terbebas dari air tanah. Metode cut off cocok dipakai jika area proyek bersebelahan dengan gedung yang sensitif terhadap penurunan air tanah, tidak ada saluran pembuangan, dan karakteristik tanah berupa cadas lunak yang banyak celah, tanah lepas, serta tanah berbutir seragam.

Bila dilihat dari pergerakan air tanah, metode cut off ini terbilang merupakan metode dewatering yang terbaik. Sebab metode ini tidak menimbulkan penurunan muka air tanah di sekitar luar area galian dan juga tak terjadi aliran air tanah. Tetapi memang metode cut off membutuhkan biaya yang cukup tinggi karena melibatkan penggunaan alat-alat berat untuk pengerjaan dinding cut off.

Selain biaya yang tinggi, penggunaan alat berat seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga yang berada di sekitar area proyek dan mengganggu keamanan bangunan yang berada dekat area proyek. Area proyek yang jauh dari pemukiman lebih cocok menggunakan metode cut off ini.

Anda dapat menggunakan jasa dewatering tambang di https://sewatama.com/id/ yang memiliki pengalaman dan tim yang ahli serta handal. Dengan berbagai pengalaman tidak hanya jasa dewatering konstruksi, https://sewatama.com/id/ juga bepengalaman menangani dewatering industri pertambangan, petrokimia, kelautan, konstruksi dan properti.

DeWatering Metode Cut Off | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply