Daya Tahan Baterai iPad Air 2 Lebih Rendah dari Pendahulunya

iPad Air 2iPad Air 2

Baterai iPad Air 2 ternyata memiliki daya tahan yang lebih rendah dari pendahulunya, iPad Air. Tak hanya itu, daya tahan baterai tablet iPad Air 2 ini ternyata juga cukup jauh dari klaim Apple yang mencapai 10 jam penggunaan. Hasil ujicoba daya tahan baterai menunjukkan bahwa iPad Air 2 hanya mampu bertahan hingga 7 jam 27 menit saja.

Hal ini tak terlepas dari kapasitas baterai tablet iPad Air 2 yang lebih kecil dari generasi sebelumnya. Berdasarkan hasil pembongkaran iFixit, Apple hanya membekali iPad Air 2 dengan baterai berkapasitas 7340mAh atau 17% lebih kecil dari baterai iPad Air 2 generasi pertama yang mencapai 8820mAh. Ini mungkin konsekuensi dari desain iPad Air 2 yang makin tipis.

Berdasarkan hasil tes daya tahan baterai, tablet iPad Air 2 menduduki posisi ketiga dengan daya tahan baterai mencapai 7 jam 27 menit. Posisi pertama pada test baterai ini diduduki oleh Samsung Galaxy Note Pro 12.2 dengan daya tahan baterai mencapai 8 jam 58 menit dan disusul oleh iPad Air dengan daya tahan baterai 8 jam 38 menit. Apple sendiri mengklaim bahwa baterai iPad Air 2 mampu bertahan 10 jam penggunaan dan klaim tersebut tampaknya keliru.

Baterai iPad Air 2Baterai iPad Air 2

“Dengan kinerja semacam ini, Anda mungkin berharap satu atau dua kompromi. Seperti faktor bentuk yang lebih besar atau masa pakai baterai lebih pendek. Tapi iPad Air 2 adalah baik tipis dan ringan dari iPad Air sebelumnya. Dan sebagian berkat M8 co-processor, masih memiliki daya tahan baterai 10 jam sangat panjang,” pernyataan Apple saat rilis iPad Air 2.

Spesifikasi layar iPad Air 2 ini masih sama dengan iPad Air generasi sebelumnya, yakni mengusung layar berukuran 9,7 inci Retina Display dengan resolusi 2048 x 1536 piksel dengan kerapatan piksel 264 ppi (pixel per inch). Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh iPad Air 2 ini adalah hadirnya sensor sidik jari Touch ID yang dapat meningkatkan keamanan secara signifikan.

Prosesor Apple A8X yang digunakan pada iPad Air 2 ini mengusung triple-core dengan kecepatan 1,5GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sayangnya, hingga kini belum diketahui pengolah grafis apa yang digunakan oleh iPad Air 2, seperti yang dilansir dari Phone Arena (27/10/2014).

Advertisements
Daya Tahan Baterai iPad Air 2 Lebih Rendah dari Pendahulunya | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better