David Moyes: Aku Mirip Jose Mourinho, Bukan Pep Guardiola

David Moyes Aku Mirip Jose Mourinho, Bukan Pep Guardiola

David Moyes mengakui gaya kepelatihannya lebih mirip Jose Mourinho daripada Pep Guardiola. Ucapan ini dikeluarkan oleh sang mantan manajer MU menyusul harapan tinggi Real Sociedad agar Moyes membawa mereka menjadi tim tangguh lagi, dan bermain sepakbola indah.

David Moyes secara resmi sudah diperkenalkan sebagai pelatih baru Real Sociedad pada Kamis (13/11) lalu. Ia akan menjadi pelatih Britania Raya keempat yang menangani klub tersebut. Lebih penting, Moyes bisa memperbaiki namanya yang sempat tercoreng akibat kegagalan di Manchester United.

Tampil di Liga Spanyol, biasanya seorang pelatih akan diuji. Apakah ia merupakan seorang pragmatis seperti Jose Mourinho? Ataukah ia seorang yang berani memainkan taktik menyerang meskipun dengan risiko kalah?

David Moyes menyebut dirinya lebih mirip Jose Mourinho, namun dalam konteks yang berbeda. Dikatakannya kepada pres, “Mungkin saya lebih mirip Mourinho dalam arti keras kepada pemain, dan suka bekerja keras.”

Pengalaman buruk di Manchester United siap ditinggalkan oleh Moyes. Kini ia menggenggam Real Sociedad yang sempat masuk Liga Champions dua tahun lalu. Banyak yang berharap, sentuhan magis David Moyes bisa membuat La Real bangkit dan stabil seperti yang dilakukannya untuk Everton.

Kata sang pria Skotlandia, “Saya ingin menimkati tantangan menuju papan atas La Liga. Saya bergabung dengan Everton sekitar 12 tahun lalu, klub yang mirip Real Sociedad. Ketika meninggalkan Everton, saya bisa membuat mereka menantang papan atas klasemen. Saya harap bisa berbuat serupa untuk Sociedad.”

Sebagai pelatih ‘pemula’ di Liga Spanyol, David Moyes menganggap liga tersebut merupakan yang terbaik di dunia. Ia bahkan secara khusus menolak banyak tawaran hanya demi melatih Real Sociedad.

“Saya mendapatkan tawaran dari berbagai klub di Liga Inggris, tapi satu-satunya tempat yang menggetarkan hati adalah Sociedad. Datang ke sini membuka peluang saya menjadi pelatih di La Liga, yang saya anggap sebagai liga terbaik di dunia.”

Advertisements
David Moyes: Aku Mirip Jose Mourinho, Bukan Pep Guardiola | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better