Daftar 22 Situs Islam Radikal yang Diblokir Kemenkominfo

Hacker ISIS

Daftar situs Islam radikal yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoninfo) bertambah jumlahnya. Sebelumnya hanya 19 situs yang “dibredel,” kini menjadi 22 website. Situs-situs tersebut diblokir atas permintaan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

Sebelumnya, praktisi TI Onno W Purbo mengingatkan Kemenkoninfo agar tidak salah memblokir dengan sembrono sebab ini berkaitan dengan hak asasi manusia (HAM). Bahkan, pria yang sempat “digosipkan” bakal menjadi Menkominfo itu mempertanyakan dasar alasan pemblokiran tersebut.

Lewat satu keterangan resmi di situs Kementerian Kominfo, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemkominfo Ismail Cawidu mengatakan jika pihaknya telah memblokir 22 situs radikal atas permintaan BNPT. Mulanya pihaknya hanya memblokir tiga situs saja.

Kemudian, BNPT melaporkan 19 situs berdasar surat bernomor No 149/K.BNPT/3/2015 tentang Situs/Website Radikal ke dalam sistem filtering Kemkominfo. Informasi ini kemudian akan diteruskan ke IPS untuk dilakukan pemblokiran sesuai permintaan pihak BNPT.

Kemenkoninfo tidak bisa menjelaskan lebih jauh definisi atau syarat yang dianggap radikal dan menyeret ke-22 situs tersebut. Cawidu berujar, Kemenkominfo hanya sebagai intitusi yang menangani konten berbahaya atau tidak laik dikonsumsi publik.

“Untuk itu, Kemkominfo meminta penyelenggara internet service provider (ISP) untuk memblokir situs sesuai yang disampaikan pihak BNPT bahwa situs/website tersebut merupakan situs/website penggerak paham radikalisme dan/atau simpatisan radikalisme,” sambungnya.

Berikut daftar 22 situs yang diblokir Kemenkominfo yang dianggap sebagai situs Islam radikal:

  1. arrahmah.com
  2. voa-islam.com
  3. ghur4ba.blogspot.com
  4. panjimas.com
  5. thoriquna.com
  6. dakwatuna.com
  7. kafilahmujahid.com
  8. an-najah.net
  9. muslimdaily.net
  10. hidayatullah.com
  11. salam-online.com
  12. aqlislamiccenter.com
  13. kiblat.net
  14. dakwahmedia.com
  15. muqawamah.com
  16. lasdipo.com
  17. gemaislam.com
  18. eramuslim.com
  19. Daulahislam.com
  20. shoutussalam.com
  21. azzammedia.com
  22. indonesiasupportislamicatate.blogspot.com

Advertisements
Daftar 22 Situs Islam Radikal yang Diblokir Kemenkominfo | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better