Chromixium Usung Tampilan Mirip Chrome OS, Distro Linux Berbasis Ubuntu

ChromixiumChromixium

Chromixium adalah distribusi atau distro Linux baru yang mengusung tampilan antarmuka desktop yang sangat mirip dengan Chrome OS. Seperti yang kita ketahui, Chrome OS adalah sistem operasi berbasis cloud besutan Google. Distro Chromixium ini dikembangkan dengan basis Ubuntu Linux versi 14.04 LTS (Long Term Support) Trusty Tahr.

Distro Chromixium ini memang terbilah masih sangat baru karena petrtama kali muncul versi beta pada Februari 2015 dan saat ini tengah dikebut pengembangannya untuk mencapai versi Release Candidate. Ini berarti rilis final sistem operasi Linux Chromixium 1.0 tak akan lama lagi. kehadiran Chromixium akan menambah keragaman distro Linux.

Salah satu kelebihan distro Chromixium ini adalah menggunakan kernel Linux 3.12 LTS dan didukung oleh browser Chromium yang powerful. Tak hanya itu, Chromixium juga telah mendukung plugin Pepperflash yang memungkinkan pengguna menikmati konten multimedia yang dikembangkan menggunakan teknologi Adobe Flash.

Distro Chromixium ini menggunakan lingkungan desktop Openbox yang telah mengalami modifikasi atau penyesuaian besar-besaran hingga tampak indah, minimalis, bersih, dan mendekati tampilan Google Chrome OS.Distro ini juga diketahui menggunakan Compton desktop compositor, Plank dock, dan LXPanel dari LXDE sebagai taskbar utama.

Semua aplikasi yang disertakan oleh distro Chromixium menggunakan GTK+ 3 toolkit, sehingga menawarkan tampilan yang modern dan konsisten. Distro ini juga mengusung sebagian besar aplikasi inti dari sistem operasi Ubuntu Linux. Penasaran ingin mencoba Chromixium Linux? Sila download di sini.

Advertisements
Chromixium Usung Tampilan Mirip Chrome OS, Distro Linux Berbasis Ubuntu | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better