China Berencana Tendang Windows dari Lingkungan Pemerintahan

China

Pemerintah China dikabarkan akan segera menendang dan membersihkan sistem operasi Windows dari seluruh komputer di lingkungan pemerintahan. Hal ini adalah masalah besar bagi Microsoft setelah sebelumnya Pemerintah China mencekal sistem operasi Windows 8.1 untuk digunakan di lingkungan pemerintahan.

Informasi ini bersumber dari laporan surat kabar Tiongkok yang dikontrol oleh pemerintah, yakni jinghua.cn. Laporan tersebut mengatakan bahwa pemerintah berencana untuk membersihkan semua sistem operasi Windows dari lingkungan pemerintahan dan diganti dengan sistem operasi yang dikembangkan secara lokal. Namun tak jelas kapan rencana ini akan digulirkan.

Sejak awal China memang sudah diperkirakan akan menjauhi semua produk perangkat lunak buatan Microsoft dengan alasan keamanan. Bahkan beberapa pejabat negara tersebut telah menuduh Microsoft menanam keylogger untuk membantu Amerika Serikat untuk memata-matai China. Ini merupakan dampak bocornya sejumlah informasi dari Edward Snowden.

Tak hanya dilingkungan pemerintahan saja, China kabarnya akan memaksa semua bisnis milik negara untuk membuang semua produk buatan Microsoft, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Mei 2014 lalu Microsoft mencekal Windows 8 dari lingkungan pemerintah China dan dianggap sebagai sistem operasi yang mengancam keamanan negara.

Microsoft saat itu cukup sigap dengan menawarkan Windows 7 sebagai pengganti Windows 8 pada pemerintah China dan menawarkan kostumisasi yang diperlukan. Masalah ini membuat CEO Satya Nadella harus mengunjungi China pada September 2014 lalu, tetapi tak diketahui apa yang dibicarakannya dengan pemerintah China.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (28/10/2014), saat ini belum ada tanggapan dari Microsoft mengenai rencana pemerintah China yang akan menendang Windows dari komputer pemerintahan.

Advertisements
China Berencana Tendang Windows dari Lingkungan Pemerintahan | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better