CEO Satya Nadella: Microsoft Cinta Linux

Microsoft Cinta LinuxMicrosoft Cinta Linux

Microsoft cinta Linux, begitulah yang diungkapkan oleh CEO Microsoft, Satya Nadella saat berbicara di sebuah acara yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat. Satya Nadella juga mengungkapkan bahwa platform open-source akan mendukung platform Azure. Azure sendiri adalah sebuah layanan cloud yang dibesut oleh Microsoft.

Ungkapan Nadella sendiri sebenarnya mengarah pada dukungan lebih banyak distro Linux terhadap platform layanan cloud Azure. Tak kurang dari 20% layanan Azure telah mendukung Linux. Satya Nadella juga menambahkan bahwa mulai minggu ini beberapa distro Linux populer akan mendukung Azure, antara lain adalah CentOS, Oracle Linux, SuSE, dan Ubuntu.

Microsoft sendiri telah menggandeng Red Hat Enterprise untuk membuat layanan Azure dapat berjalan di distribusi Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Tentu saja apa yang dilakukan oleh Satya Nadella ini bertolak belakang dengan CEO Mucrosoft sebelumnya, Steve Ballmer. Steve Ballmer menganggap Linux adalah sebuah kanker dalam teknologi informasi.

Kini di bawah nahkoda Satya Nadella, Microsoft akan merangkul Linux dan mengembangkan potensinya di lingkungan cloud. Linux dan Windows memang tak selamanya bersaing dan dibandingkan di pasar desktop. Windows sendiri menguasai 90% pasar sistem operasi desktop dan ini membuatnya tak memiliki rival yang setara.

NetApplications mengklaim bahwa di September 2014, Windows berjalan pada 91,98 persen dari komputer di seluruh dunia, sementara Linux hanya diinstal pada 1,64 persen di antaranya. Sisanya 6,38 persen yang didukung oleh Mac OS X. Fakta ini sangat jelas bahwa Windows saat ini belum tersaingi di pasar desktop.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (21/10/2014), kini Windows dan Linux saling bergandengan untuk memaksimalkan potensi masing-masing agar saling menguntungkan satu sama lain.

Advertisements
CEO Satya Nadella: Microsoft Cinta Linux | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better