Cara Sederhana Menurunkan Lonjakan Gula Darah

Diabetes

Bagi penderita diabetes maupun tidak, mengendalikan gula darah itu penting. Gula darah yang berlebih akan memperparah derita pasien diabetes. Sebaliknya, bagi nondiabetes, gula darah yang terlalu banyak dapat menempatkannya pada posisi pradiabetes. Ciri-ciri penyait ini mulai muncul seperti rasa haus berlebih, lapar yang tidak terkontrol, sampai gatal-gatal di kulit.

Dilansir Sindonews dengan mengutip laman Healthmeup, ada beberapa cara mudah untuk mengendalikan lonjakan gula darah. Berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan:

  1. Makan secara teratur. Jangan biarkan perut kelaparan karena bisa memicu kenaikan gula darah. Pasalnya, proses metabolisme dilakukan dengan mengambil cadangan glukosa yang ada di hati. Ini akhirnya memicu lonjakan gula darah. Anda pun tidak mengetahui apakah kadar gula darah dalam kondisi normal, tinggi, atau rendah kalau tidak dicek. Makan teratur dengan kadar dan pilihan menu yang terkontrol, dapat mencegah dari banyaknya gula dalam tubuh.
  2. Sebaiknya hindari roti putih. Kadar indeks glikemik makanan ini sangat tinggi. Roti punya karbohidrat kompleks yang membuat glukosa lebih lama diserap tubuh dan kemungkinan menurunkan jumlah insulin. Jika ingin makan roti, usahakan yang berasal dari bahan gandum atau multigrain. Roti gandum memilki serat dan protein yang lebih mengenyangkan dalam jangka lama.
  3. Konsumsi kayu manis. Rempah ini membantu menurunkan gula darah hingga 18-29 persen tergantung konsumsinya, Kayu manis dapat ditambahkan pada minuman atau makanan.
  4. Menyukupi waktu tidur. Pastikan Anda tidur 6-8 jam sehari untuk menghindari lonjakan gula darah. Kurang tidur dikaitkan dengan tingginya gula darah harian.
  5. Mengonsumsi kacang-kacangan. Makanan ini berguna membuat gula darah lebih stabil. Lemaknya juga sehat karena dari jenis lemak tak jenuh.

Advertisements
Cara Sederhana Menurunkan Lonjakan Gula Darah | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better