Cara Mudah Mencegah Kanker Kulit Terjadi

mencegah kanker kulit

Sinar matahari dengan ultravioletnya bisa memberi dampak buruk bagi kulit, salah satunya adalah kanker kulit. Namun fakta tersebut bukan berarti Anda harus menjauhi sinar matahari sama sekali. Anda hanya perlu melakukan beberapa pencegahan agar sinar UV itu tak merusak sel kulit.

Bahan kimia dalam kosmetik dan produk perawatan kulit juga salah satu penyebab kanker kulit. Jadi, apa saja yang harus dilakukan untuk menghindar dari penyakit mengerikan tersebut? Berikut ini beberapa cara mencegah kanker kulit seperti dilansir oleh situs Boldsky:

Pilihlah produk pelindung kulit yang mengandung SPF (sun protection factor) lebih dari 15. Ulangi pemakaian setiap 2 jam, sebab pengaruhnya sudah berkurang atau hilang. Ini jika Anda harus berada di luar ruangan dengan sinar matahari terik.

Menghindari sinar matahari langsung akan lebih baik, terutama waktu tengah hari. Ini adalah saat sinar UV sedang berada di level paling tinggi, atau index 3 atau lebih.

  • Hindari kulit terbakar sinar matahari

Setiap kali kulit mengalami terbakar akibat sinar matahari terik, makin meningkatkan resiko kanker. Lebih dari lima kali terbakar sinar matahari, akan melipatgandakan resiko itu.

Tanning adalah hal yang baiknya dihindari. Tak beda apakah Anda melakukan tanning di pantai atau di alat tanning, keduanya sama beresiko meningkatkan kanker kulit. Apalagi bagi remaja dengan kulitnya yang masih rentan.

Memakai topi dan menutup permukaan kulit dari paparan sinar mentari juga cara mudah menghindari kanker. Demikian juga pemakaian kaca mata, akan membantu. Untuk bibir, gunakan lipgloss dengan SPF.

Salah satu ciri kanker kulit adalah adanya tahi lalat. Cek keadaan tahi lalat yang ada di permukaan kulit Anda di rumah sakit, dan pastikan itu bukan kanker.

Advertisements
Cara Mudah Mencegah Kanker Kulit Terjadi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better