Cara Mudah Memelihara Kelinci

kelinci

Kelinci memiliki keuntungan lebih jika dipilih menjadi hewan peliharaan Anda di rumah. Ia lebih mudah dan murah biaya perawatannya, ketimbang anjing atau kucing. Walau demikian, kelinci tetap memberikan kebahagiaan dengan wajah lucu dan imutnya.

Anda tak perlu membawanya ke salon untuk menjaga bulunya agar tetap indah, juga kelinci lebih tahan penyakit serta pakannya lebih mudah diperoleh sebab kelinci hanya makan buah serta sayur saja.

Berikut beberapa tips mudah memelihara kelinci seperti ditulis oleh laman Liputan6:

Ini adalah syarat memelihara semua jenis binatang, yaitu harus rajin membersihkan kandangnya. Kandang merupakan tempat tinggal hewan, di mana ia membuang kotoran dan makan serta minum. Jadi kandang yang bersih akan membuat hewan peliharaan juga bersih, serta jauh dari penyakit. Kotoran kelinci dapat digunakan untuk pupuk tanaman, demikian juga urine nya. Anda cukup menyapu dan menyiram, kemudian menjemur kembali kandang kelinci agar jauh dari kuman.

Beri makan kelinci dengan sayur dan buah saja. Jangan beri makanan dari bahan kimia. Ciri kelinci sehat adalah kotorannya berbentuk bulat, keras dan tidak bau. Usahakan beri sayur yang sudah agak layu, untuk menjaga kelinci tak memakan getah sayuran.

Kelinci bukan seperti kucing atau anjing yang dapat dilepas di luar kandang dengan aman. Kelinci sesekali boleh dikeluarkan di taman, namun jangan terlalu sering. Ia dapat mengotori taman Anda, dan risiko kelinci terkena kuman dan bakteri juga lebih besar. Jadi lebih baik tetap letakkan di kandang yang lega, agar ia merasa nyaman.

Advertisements
Cara Mudah Memelihara Kelinci | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better