Cara Mudah Membuat Sendiri Tahu di Rumah

membuat tahu

Tahu, seperti juga tempe, adalah penganan khas Indonesia yang identik dengan harga murah namun nikmat dan menyehatkan. Tahu juga mudah diperoleh di mana saja, dengan harga sangat terjangkau.

Walau demikian, jika Anda ingin membuat sendiri makanan berbahan dasar kedelai ini sebagai konsumsi keluarga, maka berikut akan dibeberkan cara mengolah kedelai hingga menjadi tahu. Bagaimana? Simak berikut ini:

Tahap pertama Anda harus merendam kedelai dalam wadah bersih hingga semalam, dalam air bersih pula. Kedelai yang direndam akan lunak dan terkelupas kulitnya. Setelah lunak, hilangkan kulitnya dan blender hingga menjadi seperti susu kedelai yang halus.

Kemudian rebus susu kedelai berikut ampas-ampas kedelainya hingga matang dan mendidih dengan api kecil. Lalu angkat, dan saring ampasnya sambil diperas agar sari kedelai keluar semua. Tampung sari kedelai yang murni dalam sebuah wadah bersih.

Susu kedelai tanpa ampas yang telah disaring, rebus kembali hingga mendidih. Kemudian matikan api, dan beri zat pengental (coagulant) yang bisa berupa garam, atau cuka atau lemon.

Setelah diberi coagulant dan diaduk rata, diamkan dalam panci hingga mengental. 20 menit adalah waktu yang umum dibutuhkan untuk pengentalan. Lalu sendoki ampas yang mengental tersebut, untuk ditempatkan di cetakan tahu yang telah Anda siapkan. Alasi cetakan dengan kain agar airnya bisa terpisah.

Tahap terakhir biarkan tahu mengeras sekitar 20-50 menit. Jika telah mengeras, Anda bisa letakkan di wadah penyimpanan yang telah diberi air sedikit. Tahu buatan sendiri siap diolah menjadi tahu goreng atau apapun yang Anda inginkan. Selamat mencoba.

Advertisements
Cara Mudah Membuat Sendiri Tahu di Rumah | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better