Cara Mudah Masak Nasi Agar Tak Cepat Basi

nasi

Memasak nasi ternyata ada trik dan tips tersendiri, agar tak cepat basi atau malah mentah dan keras. Masalah nasi yang cepat menguning dan bau bila menggunakan magic com juga sering dialami oleh para ibu.

Jadi bila Anda juga kerap mengalami hal tersebut, coba saja tips berikut ini. Siapa tahu bisa memecahkan masalah memasak nasi yang sering Anda alami di rumah.

Terlalu sedikit atau terlalu banyak

Memasak memakai magic com atau rice cooker sebaiknya jangan terlalu sedikit, sebab hal itu dapat membuat nasi jadi berkerak, atau malah terlalu lembek. Masak dengan jumlah sedang sehingga nasi jadi lebih pulen dan matang sempurna. Ingat untuk mengukur penggunaan air dengan benar sesuai jenis beras. Ada beras yang membutuhkan sedikit air untuk matang sempurna, namun ada juga yang butuh air cukup banyak.

Tutup nasi

Menutup rapat rice cooker saat masih panas dapat membuat nasi lekas basi. Buka sedikit tutupnya agar uap air bisa keluar, dan tak membuat nasi tergenang.

Jeruk nipis

Beberapa saran menyebutkan untuk memberi perasan jeruk nipis sedikit saat sedang memasak nasi. Ini akan menambah aroma segar, juga dapat membuat nasi lebih awet.

Aduk

Bila nasi sudah matang dan tombol matang sudah bergeser, maka Anda bisa mengaduk nasi agar uap air yang tersimpan di dalamnya keluar. Ini juga membuat nasi jadi lebih pulen, dan tak keras bila sudah dingin.

Selamat mencoba.

Advertisements
Cara Mudah Masak Nasi Agar Tak Cepat Basi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better