Cara Mudah Masak Lele Agar Tak Bau Amis

lele

Anda penyuka pecel lele? Hidangan tersebut memang khas sekali dengan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur. Lele sendiri merupakan sumber protein yang sering dipilih oleh para ibu saat memasak untuk keluarganya. Selain murah, rasa daging lele pun lembut, tak terlalu banyak menyimpan duri, serta mudah dimasak. Akan tetapi kendala dari pengolahan lele adalah, baunya yang amis bisa menghilangkan selera makan.

Namun sebenarnya menghilangkan aroma amis dari ikan lele sangatlah mudah, kok. Berikut ini caranya, bagi Anda yang masih penasaran bagaimana cara menghilangkan bau amis ikan lele:

Pertama tentu Anda harus mencuci bersih lele yang baru dibeli, agar lendir yang menyelimuti seluruh tubuh lele hilang. Ini termasuk memotong sirip lele yang berada di kanan kiri insangnya. Sirip tajam tersebut menyimpan racun yang bisa membuat tangan terluka.

Bau amis dapat hilang jika Anda merendam lele dengan bumbu selama minimal 15 menit. Bumbu yang umum digunakan untuk merendam lele adalah: garam, bawang putih, kunyit, serta ketumbar yang dihaluskan. Beri air sedikit agar bumbu dapat merendam seluruh daging lele.

Sayat-sayat daging sisi kanan dan kiri lele, agar bumbu dapat meresap dengan baik. Setelahnya goreng lele dengan minyak yang cukup agar matangnya merata.

Nah, lele siap dihidangkan dengan sambal dan lalapan serta nasi hangat tanpa aroma amis. Pecel lele dapat Anda sajikan untuk keluarga di saat makan siang. Selamat mencoba.

Advertisements
Cara Mudah Masak Lele Agar Tak Bau Amis | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better