Cara Merawat Mesin Diesel Mobil Agar Selalu Awet

Cara Merawat Mesin Diesel Mobil Agar Selalu Awet

Home

»

Lifestyle

»

Otomotif

mesin diesel

Mobil bermesin diesel sekarang makin canggih. Tingkat berisiknya sudah tidak seperti mesin diesel di masa lalu. Asap hitam pun dapat diminimalisasi dan kualitas solar saat ini jauh lebih baik. Mesin diesel juga sudah banyak diaplikasikan pada mobil keluarga .

Salah satu keunggulan dari diesel adalah efisien dalam penggunaan bahan bakar. Selain tu, mesin ini terbilang cukup tangguh. Namun, semua manfaat itu harus dibarengi dengan perawatan mesin yang baik. Berikut tips untuk merawat mesin diesel agar selalu awet:

  1. Filter bahan bakar. Filter ini berguna agar kotoran dapat disaring. Penggunaan solar berkualitas rendah menimbulkan kotoran yang lebih banyak dibanding solar berkualitas baik. Penggantian filter sebaiknya setelah mobil dipakai sejauh 10.000 kilometer. Injektor lebih awet jika filter rutin diganti.
  2. Memanaskan mesin. Sebelum memakai mesin diesel sebaiknya panaskan sekitar 5 menit. Gunanya untuk membantu sirkulasi oli ke komponen mesin. Pemanasan juga membantu kerja turbocharger lebih optimal.
  3. Hindari mematikan mesin secara langsung. Setelah dipakai berkendara, tunggu sekitar lima menit agar mesin diesel mengalami pendinginan. Setelah itu, baru boleh dimatikan. Cara ini mengurangi panas berlebih pada turbocharger dengan memanfaatkan oli mesin dalam proses pendinginan. Kalau mesin langsung dimatikan, maka oli tidak bisa bekerja untuk mendinginkan.
  4. Tanki bahan bakar tidak boleh kosong. Setidaknya perlu disisihkan sepertiga dari volume yang tersedia agar tidak menimbulkan pengembunan dalam tanki. Pengembunan berdampak kerusakan di filter solar. Dimungkinkan pula akan terjadi pencampuran uap air dan solar kalau pengembunan terjadi. Efeknya, performa mesin dapat menurun.
  5. Rutin mengganti oli. Umur ekonomis oli setelah pemakaian 5.000 kilometer. Jika telat mengganti, maka kualitas oli akan turun yang berdampak pada kinerja mesin.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
Cara Merawat Mesin Diesel Mobil Agar Selalu Awet | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better