Cara Merawat Kesehatan Gigi untuk Pasien Diabetes

gigi rapuh

Bagi pasien diabetes, pendarahan sekecil apapun menjadi perhatian yang serius. Termasuk kesahatan pada gigi dan mulut, harus benar-benar dijaga. Pada pasien diabetes, mereka lebih banyak ditemui mengalami perubahan di dalam rongga mulutnya. Jika tidak diantisipasi dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Keadaan penderita diabetes kebanyakan mengalami mulut kering, ada rasa terbakar, meningkatnya kejadian gigi berlubang (karies), hingga terjadinya perubahan gusi dan jaringan penyangga gigi (periodontal). Bebagai keadaan ini memungkinkan terjadinya infeksi, apalagi ketika tubuh tidak siap menghadapi serangan bibit penyakit.

“Risiko ini lebih tinggi pada orang dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol. Pada pasien diabetes, sirkulasi gula darah kurang baik hingga jaringan gusi lebih rentan infeksi. Apalagi diabetes bikin imunitas turun hingga rentan infeksi,” kata drg Sandra Olivia, MARS, SpPerio dari Illena Dental Clinic Matraman, seperti dikutip Detik Health.

Oleh sebab itu, penderita diabetes harus lebih telaten untuk merawat kesehatan di area mulutnya. Dokter gigi Sandra menyarankan agar penderita diabetes sering melakukan kontrol ke dokter gigi minimal tiga bulan sekali. Pembersihan karang gigi juga perlu dilakukan. Terkait menggosok gigi, sebaiknya minimal dilakukan dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

Cara menggosok gigi pun ada tekniknya. Saat menggosok hindari terlalu keras. Ini sebenarnya berlaku juga secara umum dan tidak terbatas pada penderita diabetes.

“Nggak boleh menyikat gigi terlalu keras karena bisa memicu abrasi gusi. Sikatnya nggak harus bulu yang lebih lembut, tapi usahakan mengecil di ujungnya,” ungkap drg Sandra.

Advertisements
Cara Merawat Kesehatan Gigi untuk Pasien Diabetes | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better