Cara Merawat Ban Mobil agar Awet Lebih Lama

Cara Merawat Ban Mobil agar Awet Lebih Lama

Home

»

Lifestyle

»

Otomotif

ban mobil lagi

Spesifikasi mobil boleh saja mengusung teknologi terbaru. Namun jangan lupakan peran dari ban mobil yang mendukung kerja mobil terasa nyata. Ban harus dirawat dengan baik seperti halnya rutin menyervis mesin. Pasalnya, ban yang terawatt mendukung keselamatan berkendara.

Dikutip dari laman Dapur Pacu, berikut cara merawat ban mobil agar awet lebih lama:

  1. Periksa kondisi fisik ban dan juga tekanan anginnya dua minggu sekali. Kalau menemukan adaka kerusakan, sebaiknya segera diganti. Jika tekanannya kurang, lakukan pengisian angin. Terapkan pula langkah ini pada ban cadangan.
  2. Hindari melakukan manuver yang bisa membuat ban rusak. Misalnya melewati lubang pada kecepatan tinggi, dan sebagainya. Selain membuat ban rusak, bisa pula membengkokkan pelek. Jika ada paku di jalan, kemungkinan dapat bocor.
  3. Ada perlunya mengecek ban pada tenaga servis ban. Mereka lebih jeli dalam memeriksa kondisi ban dan bisa memberikan saran kalau ada kerusakaan.
  4. Hindari terlalu sering membebani mobil dengan muatan berlebih. Ban memiliki kemampuan menyangga secara terbatas, Jika sering kena beban melampaui batas, ban dapat rusak dan kempes.
  5. Pastikan tekanan anginnya pas. Setiap ban memiliki kebutuhan tekanan angin sendiri. Selalu cukupi kebutuhan angin agar kemampuan mencengkeramnya optimal di jalan. Pemeriksaan ini paling tepat saat kondisi ban dingin dan bukan hangat setelah dipakai berkendara

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
Cara Merawat Ban Mobil agar Awet Lebih Lama | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better