Cara Menyembuhkan dan Mengatasi Biang Keringat pada Anak

Apakah Anda pernah atau sering memiliki masalah kesehatan kulit seperti biang keringat pada Anak? Dalam istilah kedokteran, kondisi ini disebut Miliaria. Orang Indonesia menyebutnya dengan biang keringat. Umumnya, biang keringat merupakan gangguan pada kulit yang terjadi akibat keringat yang berlebihan. Ciri utama dari biang keringat adalah bintil kecil kemerahan yang mulai muncul pada kulit. Permasalahan kulit ini cukup sering menimpa pada anak kecil karena kelenjar keringat anak belum cukup sempurna.

Bebaskan biang keringat pada anak untuk kesehatannya

Pemicunya, selain keringat juga pada situasi ruang dengan suhu yang relatif panas sehingga memicu keringat berlebih. Pada beberapa kasus, biang keringat juga bisa terjadi pada suhu dingin saat anak-anak demam. Ruam dan gatal umumnya terjadi di bagian leher, bokong, punggung, kening atau bagian yang sering tertutup pakaian atau topi. Bisa juga di lipatan-lipatan kulitnya. Biang keringat seringkali tidak mengakibatkan nyeri. Akan tetapi, rasa gatal yang hebat bisa membuat si anak terganggu dan jika digaruk ada kemungkinan luka.

Berikut ini akan kami sajikan langkah penanganan agar anak Anda bebas dari gangguan biang keringat:

  1. Sentuh kulit anak Anda, jika terasa lembap atau panas, bisa jadi anak sedang kepanasan. Cari tempat yang agak sejuk atau mencoba melepaskan pakaiannya adalah langkah yang bisa anda lakukan.
  2. Lap atau seka keringat dengan handuk lembut di kulit atau tubuh anak. Kemudian, letakkan waslap bersih dan sejuk tepat pada kulit yang terindikasi biang keringat. Selama tidak ada luka, ini bisa Anda gunakan untuk meringankan biang keringat.
  3. Pilih dan gunakan pakaian dengan kemampuan menyerap keringat yang baik serta berbahan ringan agar kulit si anak bisa mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.
  4. Pemakaian krim khusus untuk masalah biang keringat juga bisa Anda pertimbangkan. Pilihlah produk krim khusus ini dengan hati-hati karena kulit anak terkadang lebih sensitif.
  5. Anda juga bisa memotong kuku anak agar ketika gatal tidak menyebabkan luka di kulit yang ada ruam biang keringat.
  6. Ketika biang keringat anak berangsung-angsur membaik, berikan nasehat kepada anak untuk tidak terlalu aktif saat suhu udara sedang panas.

Biang keringat bukanlah gangguan serius. Hanya saja, kasihan si anak terganggu jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Oleh sebab itu, mari segera kita lakukan penanganan dan pencegahan dengan 6 langkah di atas. Jika ruam semakin menyebar, ada baiknya Anda memeriksakan anak ke dokter anak atau dokter spesialis kulit.

Advertisements
Cara Menyembuhkan dan Mengatasi Biang Keringat pada Anak | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better