Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Tak seperti orang dewasa, daya tahan tubuh anak belum cukup kuat untuk menangkal berbagai virus dan bakteri. Terlebih pada bayi, sistem imunitasnya perlu beradaptasi agar bisa menjadi lebih kuat di kemudian hari. Tak heran jika anak lebih mudah terserang flu, batuk dan pilek dibanding orang dewasa. Namun, secara perlahan namun pasti, sistem imun anak akan terus berkembang dengan bertambahnya usia.

Langkah Penting Meningkatkan Sistem Imun pada Anak

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Dalam hal imunitas ini, peran orangtua sangat dibutuhkan agar anak makin kebal dan tahan terhadap serangan kuman, virus dan bakteri yang menyerang. Bagaimana caranya?

  1. Berikan nutrisi yang cukup
    Kebutuhan nutrisi pada anak berbeda-beda tergantung pada rentang usia, metabolisme tubuh dan aktivitasnya. Namun secara umum, pada usia bayi kebutuhan nutrisi utama adalah ASI. Selain sebagai makanan utama pada bayi, ASI juga memiliki senyawa antibodi yang mampu meningkatkan imunitas buah hati.
    Seiring usianya yang makin bertambah, berikan asupan makanan tambahan seperti susu formula dan makanan pendamping ASI. Paduan buah dan sayur sangatlah baik untuk daya tahan tubuh anak lantaran kandungan fitonutrien di dalamnya. Namun, pastikan porsi yang diberikan sesuai usianya.
  1. Pantau jam tidurnya
    Sama seperti orang dewasa, kurangnya jam tidur juga mengganggu kesehatan anak. Bayi umumnya membutuhkan waktu tidur hingga 18 jam. Waktu ini makin berkurang ketika menginjak usia balita menjadi 12 hingga 13 jam saja. Pada usia awal sekolah jam tidur kembali berkurang menjadi 10 jam sehari.
  1. Menjaga kebersihan
    Selalu usahakan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar anak. Biasakan agar anak membersihkan tangan dengan air setelah bermain atau memegang sesuatu.
  1. Mengajak berolahraga
    Olahraga sangat baik dampaknya bagi kesehatan. Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak Anda secara signifikan. Anda pun bisa lebih merasa sehat dan bugar.

Nutriclub, Berbagi Ilmu Masalah Ibu dan Bayi

Nutriclub merupakan layanan yang didedikasikan Nutricia untuk para Ibu Indonesia. Tak hanya menjadi tempat konsultasi dan berbagi, Nutriclub menghadirkan berbagai program secara berkesinambungan. Terdapat pula ratusan artikel berisikan berbagai materi. Mulai dari kebutuhan nutrisi pada anak hingga penanganan alergi. Semua bisa diakses secara gratis di web resmi Nutriclub.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak | Keseh Atan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better