Cara Menghaluskan Kulit Kaki Retak dengan Cuka

tumit pecah

Cuka sering digunakan sebagai pelengkap pada masakan. Cara mudah membuat cuka yaitu dari asam asetat dan air. Namun ada pula cuka yang dibuat dari buah terutama apel. Jadilah kemudian cuka sari apel yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Cuka yang baik memiliki konsentrasi sekitar 5 persen. Jika lebih dari itu, maka memiliki sifat mengikis (korosif) dan dapat merusak kulit. Ada pula produk cuka dengan konsentrasi hingga 10 persen, tapi untuk penggunaan secara khusus.

Tahukah Anda? Cuka yang biasa dikonsumsi bisa dipakai untuk mengobati kulit kaki yang retak. Kulit retak biasa dialami pada bagian tumit atau jari kaki sebelah belakang. Jika Anda memiliki kulit demikian, berikut cara mengobatinya dengan cuka sebagaimana dikutip dari laman Boldsky:

  1. Cuka putih. Rendam kaki di dalam larutan seporsi cuka putih dengan dua bagian dari air hangat. Rendam selama 20-25 menit sembari menggosoknya dengan batu apung agar kulit mati lepas.
  2. Cocoa butter dengan cuka. Campur cuka dan sedikit cocoa butter ke dalam air hangat. Tempatkan campuran tersebut pada kaki yang kulitnya retak agar tersuplai nutrisi untuk penyembuhan.
  3. Cuka apel. Penggunaannya sama seperti cuka putih. Rendam kaki dalam larutan cuka apel dan air air hangat, lalu biarkan sekitar 25 menit.
  4. Cuka dan minyak zaitun. Paduan dua bahan ini selain menyembuhkan kulit retak, juga melembabkannya. Pijat kulit retak dengan campuran cuka dan minyak zaitun secukupnya.
  5. Madu dan cuka. Campur antara cuka dengan madu secukupnya dengan perbandingan sama. Oleskan pada kulit retak lalu pijat perlahan. Biarkan sampai kering sebelum dibilas.
  6. Tepung beras dan cuka. Kedua bahan ini dicampurkan agar membentuk pasta. Gunakan pasta tersebut untuk memasker bagian kulit yang retak. Biarkan sampai kering sebelum dibersihkan. Bisa pula menambahkan dalam pasta berupa minyak zaitun dan madu.

Advertisements
Cara Menghaluskan Kulit Kaki Retak dengan Cuka | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better