Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Obat Jerawat, Gatal, dan Luka Bakar

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Obat Jerawat, Gatal, dan Luka Bakar

Home

»

Lifestyle

»

Kesehatan

sirih

Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti untuk obat jerawat. Di dalam daun sirih terdapat zat antibakteri dan antiseptik yang berguna untuk memberantas bakteri merugikan maupun penyebab penyakit lainnya. Bagi sebagian tempo dulu, sirih dipakai untuk menginang sehingga kualitas gigi menjadi lebih baik dan terjaga keawetannya.

Dikutip dari laman Merdeka, cara memanfaatkan sirih sebagai sarana pengobatan cukup mudah. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Obat jerawat. Jerawat yang tumbuh di wajah, punggung, dan dada dapat diatasi dengan rebusan air daun sirih baik dengan mengoleskannya. Rebus atau seduh daun sirih secukupnya, alalu gunakan bola kapas untuk dioleskan pada tempat tumbuhnya jerawat. Lakukan dua kali dalam sehari dan biarkan sebentar setelah diolekan agar kandugan antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasinya bekerja
  2. Obat gatat. Gatal yang disebab karena masalah kulit atau alergi dapat diredakan dengan air rebusan daun sirih. Rebus 10-12 daun sirih dengan dua gelas air dan sisakan satu gelas. Siramkan air rebusan ini ke tubuh yang mengalami gatal setelah suhu air tersebut hangat dan bisa ditoleransi kulit. Jika memungkinkan, rendam bagian yang gatal ke dalam rebusan daun sirih.
  3. Obat luka bakar. Fungsi dari daun sirih ini akan meringankan luka bakar yang sifatnya ringan. Caranya, ambil beberapa daun sirih segar yang telah dibersihkan, remas-remas, dan tempelkan di kulit bersama dengan madu murni. Kedua bahan ini akan mencegah peradangan dan mengurangi rasa perih.
  4. Mengatasi bau badan. Minum rebusan air sirih membantu mengurangi bau badan. Untuk melengkapinya, dapat pula mengoleskan air rebusan ini ke ketiak atau lipatan tubuh lain yang berpotensi menimbulkan bau, seperti belakang telinga atau lipatan siku tangan.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Obat Jerawat, Gatal, dan Luka Bakar | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better