Cara Mengetahui Seberapa Banyak Darah yang Keluar Saat Haid

Ketika menstruasi sangat parah, mengalir dengan deras atau terdapat gumpalan besar, ini yang disebut oleh dokter sebagai menorrhagia. Artikel ini bertujuan untuk mengedukasi mengenai pendarahan menstruasi yang normal dan yang parah, seberapa banyak darah yang dikeluarkan pada haid yang normal dan yang tidak. Ini mudah untuk ditelusuri oleh diri kita sendiri.

Berapa Banyak Darah Saat Haid

Sulit untuk mengetahui berapa banyak cairan menstruasi yang dikeluarkan tubuh setiap siklus haid. Jika menggunakan cangkir haid (menstrual cup) akan lebih mudah diukur, sebab menstrual cup memiliki penanda ukuran volume (mis. 10 mL, 15 mL, 25 mL) yang berada di samping menstrual cup untuk membantu memperkirakan berapa banyak cairan (darah) yang sudah tertampung.

Secara umum, jumlah darah yang dikeluarkan dapat diperkirakan ketika menggunakan pembalut atau tampon, tergantung pada ukuran dan daya serap produk pembalut. Tampon dengan daya tampung penuh dapat menampung hingga 3 mL cairan, sedangkan tampon dengan daya tamping super dapat menampung hingga 12 mL (3,8). Pembalut regular dengan daya serap penuh di siang hari dapat menampung sekitar 5 ml cairan, dan pembalut malam dengan daya serap penuh dapat menampung 10-15 mL (3,8).

Haid wanita dewasa biasanya berlangsung hingga 8 hari. Selama periode haid, normal bila darah yang keluar antara 5 hingga 80 ml (hingga 6 sendok makan). Hari-hari terberat perdarahan menstruasi biasanya pada awal siklus menstruasi (sekitar hari pertama dan kedua). Selama hari-hari terberat dalam siklus menstruasi, mungkin akan terlihat gumpalan dalam cairan menstruasi — ini normal. Warna cairan menstruasi juga dapat berubah saat mengalami menstruasi, dengan darah merah yang terang lebih umum karena alirannya deras, dan warna yang lebih gelap ketika aliran mendekati akhir menstruasi. Awal-awal menstruasi biasanya perut akan terasa kram, oleh karena itu sebaiknya gunakan heater pad dari ifreeindonesia.com untuk mengurangi rasa sakit akibat kram.

Bahkan jika menstruasi yang keluar saat siklus anda pikir sudah normal, penting untuk mengetahui yang sebenarnya normal menurut ahli. Mayoritas penelitian kesehatan dilakukan pada populasi dari negara-negara barat, yang mungkin tidak mencerminkan latar belakang atau lingkungan genetik pribadi Anda. Setiap orang berbeda, sama seperti periode semua orang berbeda. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan jika khawatir tentang volume menstruasi.

Cara Mengetahui Seberapa Banyak Darah yang Keluar Saat Haid | Keseh Atan | 4.5

Leave a Reply