Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering

Permasalahan kulit kering pada bayi merupakan kasus yang sering dijumpai. Bahkan, terkadang bayi yang berstatus baru lahir juga mengalami kejadian ini. Hal ini bisa dimaklumi karena selama sembilan bulan lamanya berada di kandungan ibu, kulit si bayi selalu bersentuhan dengan air ketuban. Sehingga, saat bayi lahir, kulitnya yang sensitif tersebut akan mencoba beradaptasi dengan dunia sebenarnya. Itulah yang menjadi alasan mengapa kulit bayi yang baru lahir terkelupas ketika terpapar udara kering.

Penyebab Kulit Bayi Kering

Namun, ternyata bukan udara kering saja yang bisa mengakibatkan kulit bayi kering. Berikut adalah hal-hal lain yang menyebabkan terjadinya kulit kering pada bayi, yaitu:

  1. Belum sempurnanya kelenjar keringat pada bayi sehingga kelembaban kulit bayi belum maksimal. Akibatnya, kulit si bayi belum dapat menyesuaikan diri dengan udara kering (baik terlalu dingin atau terlalu panas) di sekitarnya.
  2. Pemakaian sabun mandi yang berlebihan juga bisa menjadikan kulit kering normal menjadi lebih parah. Ingat! Sabun memiliki sifat yang bisa mengangkat minyak di kulit sekalipun itu minyak alami kulit. Tentu hal ini akan memperparah kelembaban yang belum sempurna seperti di penjelasan nomor 1 di atas.
  3. Keadaan lembab disertai dengan udara terlalu panas atau dingin juga turut berperan dalam peningkatan resiko terjadinya kulit kering pada bayi.

Meski begitu, bunda tidak perlu risau selama kulit kering yang terjadi masih dalam batas normal. Untuk meringankan masalah kulit kering si bayi bunda bisa melakukan hal berikut:

  1. Beri asupan ASI yang cukup agar cairan tubuh bayi tidak kekurangan.
  2. Oleskan baby hypoallergenic lotion (lotion khusus bayi) sehabis mandi. Lebih bagus lagi jika lotion yang digunakan bersifat kental (jangan yang cair atau terlalu encer).
  3. Jaga agar tubuh bayi tetap berada pada temperatur udara yang normal (tidak kedinginan dan tidak kepanasan).
  4. Jika mandi, gunakan air hangat-hangat kuku (suam-suam). Air yang memiliki panas berlebih malah akan semakin membuat kulit kering. Usap sabun ke seluruh tubuh bayi dengan tidak berlebihan.
  5. Hindari memandikan bayi bunda dengan waktu yang terlalu lama. Sekiranya 5 sampai 15 menit sudah cukup.

Ingat, kulit kering pada bayi adalah hal yang wajar karena kelenjar keringat yang belum sempurna. Akan tetapi, jika kulit kering menyebar atau mungkin ada indikasi gatal, bunda sebaiknya cepat-cepat membawanya ke dokter anak atau dokter kulit agar bisa mendapatkan pengobatan yang lebih intensif serta saran-saran yang tepat.

Advertisements
Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering | Keseh Atan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better