Cara Mengatasi Burung Kacer yang Sering Diam Saat Lomba

burung kacer

Apa jadinya kalau suara burung kacer tidak terdengar saat dilombakan? Sudah pasti kejadian ini akan membuat malu pemiliknya apalagi dalam kondisi ditandingkan dengan kontestan kacer lainnya. Namun diamnya kacer kala lomba memang hal yang wajar. Tidak perlu membully, tapi burung kacek yang menunjukkan tabiat seperti itu justru harus lebih diperhatikan.

Penyebab dari diamnya kacer saat lomba ada beberapa. Contohnya, burung baru pertama kali ikut lomba. Dia agak stress atau mengalami demam panggung. Biasanya seiring dengan seringnya ikut lomba akan teratasi. Tapi, dapat pula hal itu karena faktor usia kacer yang masih terlalu muda. Dia kurang siap melawan seniornya yang sudah gacor.

Penyebab lainnya yaitu gairah kacer yang menurun. Ini mungkin terjadi karena setingan tidak pas sehingga belu siap bertarung. Atau juga, kacer mengalami penurunan stamina.

Cara mengatasi masalah ini bisa dengan menerapkan langkah berikut:

  1. Latih mental burung kacer dengan menyandingkannya bersama kacer lainnya yang usianya lebih muda. Ini dapat membangkitkan semangat “tempurnya”.
  2. Masukkan burung kacer lain ke dalam sangkar. Cara ini juga akan mempercepat kuatnya mental si kecer.

Langkah tersebut dapat membangitkan kembali semangat juang burung kacer. Diharapkan, semakin kuat mentalnya, maka dalam kondisi apapun burung ini tidak merasa malu kalau berhadapan kicauan kacer lainnya yang sama-sama gacor.

Advertisements
Cara Mengatasi Burung Kacer yang Sering Diam Saat Lomba | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better