Cara Mengatasi Bau Apek pada AC Mobil

acmobil

Bau tidak sedap atau apek khas mobil yang memakai AC sudajh jamak ditemui. Saat membuka mobil sebelum AC dihidupkan, bebauan tidak enak sangat menyengat hidung. Namun biasanya bau apek akan berkurang seiring dengan diaktifkannya udara AC, meski masih ada sisa aromanya. Bau seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan menghindari penyebabnya dan melakukan sejumah perawatan pribadi.

Sebelumnya, perlu Anda pahami dulu beberapa penyebab mobil bisa menimbulkan bau tidak sedap saat diterapkan AC di dalam. Pemicunya antara lain penggunaan pengharum mobil. Memakai produk pengharum yang berkualitas rendah dapat menempel ke evaporator dan sulit dibersih.

Debu-debu di kabin yang jarang disedot atau dibersihkan turut menyebabkan bau tak sedap. Biasanya debu atau kotoran lain leluasa masuk kabin jika kaca mobil kerap dibuka. Jika sampai menempel ke evaporator dapat menimbulkan jamur yang membuat udara kabin bau.

Penyebab umum lain dari kabin beraroma apek adalah asap rokok. Kandungan rokok berupa nikotin kalau menempel ke evaporator turut menciptakan bau tidak enak. Bagi yang tidak suka bau rokok tentu akan menyiksa bernapas dengan kualitas uadara seperti itu.

Agar bau tidak sedap di mobil AC tidak muncul, berikut cara mencegahnya:

  • Bersihkan karpet mobil dan kabin dari debu yang tertinggal. Gunakan penyedot debu agar kotoran bersih sepenuhnya tanpa ada yang tertinggal.
  • Usahakan selalu menutup pintu dan jendela mobil rapat-rapat kalau sedang memakai AC.
  • Pilih pengharum mobil yang kualitas bisa dipertanggungjawabkan. Agak mahal sedikit tidak masalah asal kualitas udara terjaga. Kalau perlu tambahkan pemurni udara (air purifier) untuk mobil.
  • Hindari merokok di dalam mobil. Selain membuat bau kabin tidak sedap, juga membahayakan kesehatan pengemudi dan penumpang.

Advertisements
Cara Mengatasi Bau Apek pada AC Mobil | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better