Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Otomatis

Sekarang ini cukup lumayan banyak wanita yang bekerja di kantor, baik itu karena ingin memenuhi perekonomian keluarga atau memang ingin memiliki jenjang karir. Otomatis, jadwal padat untuk bekerja dan di rumah, terlebih yang sudah berkeluarga, menggunakan mesin cuci yang full otomatis tentu akan meringankan dalam rutinitas pencucian. Sebab, keberaan mesin cuci yang otomatis bisa mengoperasikan proses masuknya air, perendaman, pencucian, pembilasan hingga pengeringan hanya dengan memencet beberapa tombol di awal saja. Hal yang seperti ini tentu saja akan menghemat banyak waktu ketika mencuci. Lantas, seperti apa Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Otomatis yang benar?

mesin cuci otomatis terbaik

Yang namanya automatic, tentu memiliki perbedaan dengan mesin cuci konvensional (manual). Yang otomatis jauh lebih sederhana dan praktis. Mesin cuci juga ada yang manual; manual dalam artian dalam setiap prosesnya masih tetap membutuhkan campur tangan manusia. Yang versi otomatis umumnya hanya pada pengaturan awal, selebihnya akan berjalan dengan sendirinya. Pada bentuk fisik, yang manual memiliki dua tabung, sedang yang otomatis hanya memiliki satu tabung, baik front load (bukaan di depan) atau top load (bukaan di atas).

Beberapa orang berpendapat bahwa pengoperasian mesin cuci bersistem otomatis sangat sulit. Padahal, jika mau mempelajari sedikit saja, akan ada banyak waktu yang bisa Anda hemat. Berikut kami sajikan langkah umum cara mencuci dengan mesin cuci otomatis:

  1. Masuk/letakkan pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci melalui front/top load.
  2. Masukkan detergen khusus untuk mesin cuci sesuai jenis bukaan (di pasaran, deterjen tersedia berbeda untuk top load dan front load.
  3. Setting siklus proses pencucian. Biasanya ada pilihan sedikit, sedang atau banyak. Ditandai dengan menit waktu yang tertera pada display layar. Semakin lama waktu pencuian, semakin banyak pakaian yang bisa ditampung. Level ini juga mengatur seberapa banyak air yang akan dimasukkan.
  4. Lihat label tata cara cuci pakaian yang akan dicuci. Jika pakaian memiliki warna gelap, atur pengaturan cuci untuk bersuhu rendah. Hal sebaliknya jika yang dicuci adalah pakaian berwarna putih.
  5. Tekan start atau mulai untuk menjalankan proses cuci hingga selesai.
  6. Mesin cuci yang sudah menyelesaikan “tugas”nya, umumnya akan ada semacam notifikasi berupa nada atau bunyi yang keluar.

Ketika menunggu proses pencucian selesai, kita bisa saja mengerjakan pekerjaan rumah yang lain. Yang perlu diperhatikan hanyalah kelancaran distribusi air selama proses pencucian. Karena air yang tidak lancar akan memperlambat proses cuci.

Advertisements
Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Otomatis | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better