Cara Mencegah Bau Apek dan Jamur Pada Helm

helm

Helm memiliki fungsi sangat vital dalam berkendara dengan berbagai jenis moda transportasi. Hanya saja memakai helm menjadi ayuran wajib bagi pengendara motor. Piranti ini melindungi kepala dari benturan kalau saja terjadi kecelakaan di jalan raya. Cedera otak sangat membahayakan jiwa.

Meski begitu, helm juga harus dirawat. Pemakaian setiap hari dapat menimbulkan bau apek, apalagi jika kepala sering berkeringat. Masalah lain yang kerap muncul dari helm yaitu timbulnya jamur yang kerap menyambangi kaca helm.

Dikutip dari laman Dapur Pacu, bau apek dan jamur pada helm ini dapat dicegah dengan cara seperti berikut:

  1. Lakukan pencucian hem satu bulan sekali. Saat ini marak jasa cuci helm dengan tariff terjangkau. Anda bisa memanfaatkannya, atau mencuci helm sendiri.
  2. Saat helm selesai dipakai, taruh helm dengan keadaan kacanya dibuka. Selain itu, lubang anginnya (jika ada) juga dibuka dan menghadap ke atas. Ini semua dilakukan agar sirkulasi udara berjalan lancar dan membuang bau tidak sedap.
  3. Kalau musim kemarau tiba, seringlah menjemur helm setidaknya dua kali dalam sebulan. Bisa juga, Anda letakkan helm di tempat yang punya sirkulasi udara baik.
  4. Sewaktu helm terkena air hujan, usahkan lepas kaca dan busanya. Hindari langsung menyimpan helm agar tidak timbul bau dan jamur. Pasan kembali kaca dan busa setelah semuanya benar-benar kering.
  5. Jika pengendara memakai minyak rambut, disarankan memakai alas kepala tipis agar minyak tidak menempel di dalam helm.

Advertisements
Cara Mencegah Bau Apek dan Jamur Pada Helm | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better