Cara Menambal Selang Radiator Mobil yang Bocor

selang radiator

Bagian dari sistem mesin mobil yang perlu diperhatikan adalah selang radiator. Ketika menginjak usia lima tahun, ada kemungkinan terjadi kebocoran pada selang tersebut. Ini masalah umum dari keausan onderdil mobil setelah dipakai dalam jangka waktu lama.

Bocornya selang radiator cukup dimaklumi jika sudah usang. Pasalnya, selang ini sering terkena semburan hawa panas dari mesin saat dijalankan. Akibatnya, penyusun selang yang berupa karet akan menjadi melar. Selang pun berpotensi getas lebih cepat saat mendapatkan semburan air panas dari alat steam sewaktu mobil dicuci. Air mengenai selang melalui celah-celah kap.

Dikutip dari Detik Oto, beberapa perangkat yang digunakan untuk mengatasi selang radiator yang bocor adalah ban dalam bekas, lem plastic, lem aibon, sealer, obeng minus dan plus, gunting, ember, dan sabun colek. Jika saat di jalan menemui kejadian air radiator berkurang karena bocor atau suhu mesin makin tinggi, segera menepi dan buka kap mobil. Setelah dingin, Anda dapat melakukan cara ini untuk menambal selang radiator yang bocor:

  1. Bersihkan selang radiator dengan air sabun dan lap sampai bersih. Berikan lem plast. Secukupnya di tempat yang mengalami kebocoran. Tempelkan ban bekas setelah dipotong sesuai kebutuhan agar bagian yang bocor dapat tertutup.
  2. Untuk memastikan rekatan tambalan sudah kuat, ikat bagian tersebut memakai karet tapi jangan terlalu kuat. Karet selang sudah dalam keadaan lebih rapuh sehingga tidak disarankan mengikat terlalu kencang.
  3. Jika semua proses sudah selesai, tinggal pasang kembali selang air radiator ke tempatnya. Untuk mencegah rembesan di ujung selang, dapat ditambahkan sealer atau lem aibon. Selang pun dapat berfungsi kembali.

Advertisements
Cara Menambal Selang Radiator Mobil yang Bocor | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better