Cara Hapus Watch & Search History di Youtube

Youtube Hostory

Youtube memiliki ‘jejak’ terkait riwayat penelusuran dan video yang telah ditonton. Jejak ini disebut search dan watch history. Patut diketahui jika jejak ini bisa dihapus. Sebelum masuk ke cara hapus search dan watch history, muncul satu pertanyaan, mengapa keduanya harus dihapus?

Jika Anda buka laman utama Youtube (landing page) dalam posisi login, Anda akan menjumpai sejumlah video yang ditawarkan. Umumnya ada dua video yakni video-video dari channel yang dilanggani dan video-video saran.

Nah video saran (suggest) ini diolah dari video yang Anda tonton dan dari video yang ditelusuri. Terkadang, video saran cukup mengganggu. Sebab kadang kala tidak ada kaitannya dengan momen saat ini dan terkait dengan video yang Anda lihat atau telusuri di waktu terdahulu.

Itu alasan pertama. Alasan kedua, bisa saja Youtube mengolah data Anda, riwayat penelusuran dan tonton yang kemudian dikonversi menjadi iklan. Memang iklan bisa diatasi dengan menginstal ekstensi atau add-ons Adblock Plus. Tapi tunggu, jika Youtube Anda dipakai orang lain dan dia melihat riwayat yang ada, privasi juga terumbar.

Untuk menghapus search dan watch history Youtube sedianya cukup mudah. Anda bisa lakukan itu dalam hitungan detik. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman setting di tautan ini
  • Nantinya Anda akan menjumpai dua tab yakni Watch history dan Search history
  • Klik Watch history dan ada dua opsi: Clear all watch history dan Pause watch history, pilih clear untuk menghapus semua data video yang pernah ditonton dan pause untuk menghentikan pencatatan riwayat video yang pernah ditonton
  • Ini juga berlaku untuk Search History. Klik Search history dan ada dua opsi: Clear all search history dan Pause search history, pilih clear untuk menghapus semua data pencarian dan pause untuk menghentikan pencatatan riwayat pencarian

Advertisements
Cara Hapus Watch & Search History di Youtube | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better