Cara Cepat dan Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Cepat dan Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Home

»

Lifestyle

»

Kesehatan

Jalan Kaki

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah gangguan kesehatan yang mesti selalu diamati perkembangannya. Semakin tinggi tekanan darah maka risiko kemunculan berbagai penyakit serius cukup tinggi. Contohnya, hipertensi memengaruhi kejadian serangan jantung koroner dan stroke. Di samping itu, pembuuh darah halus di ginjal bisa pecah kalau tekanannya terlampau besar da memicu gagal ginjal.

Cara instan menurunkan hipertensi dengan minum obat. Sari dari sayuran tertentu seperti wortel atau labu siam juga cukup efektif meredakannya. Di samping itu, ada lagi beberapa cara sederhana untuk mencegah tekanan darah cepat normal dengan langkah berikut yang dikutip dari laman Detik Health:

  1. Jalan cepat. Berjalan cepat dengan rutin 4-5 kali dalam seminggu dapat menurunkan tekanan darah kea rah normal secara bertahap. Latihan ini dapat memaksimalkan penggunaan oksigen. Cukup lakukan 15 menit untuk setiap sesinya.
  2. Menarik napas dalam-dalam. Latihan pernapasa dan meditasi dapat menurnkan stress secara cepat. Hal tersebut memengaruhi tekanan darah untuk cepat stabil. Lakukan tarik-buang napas dalam-dalam selama 10 menit setiap pagi dan malam hari.
  3. Terapkan pola makan sehat. Banyak mengonsumsi makanan sehat adalah cara yang baik dalam mengontrol tekanan darah. Cukupi asupan makanan berserat dari berbagai jenis sayuran dan buah setiap harinya. Mengonsumsi makanan ini secara mentah (raw food)juga dianjurkan untuk mendapatkan berbagai enzim dan nutrisi bermanfaat lainnya secara utuh. Beberapa rempah juga dikaitkan dengan kemampuannya menyetabilkan tekanan darah seprti bawang putih, merica, dan sebagainya. Kurang garam dalam masakan dan kurangi daging merah.
  4. Makan coklat hitam. Coklat hitam lebih banyak memiliki kandungan flavonoid yang salah satunya membuat pembuluh darah lebih elastis. Coklat hitam punya kandungan 70 persen biji kakao ketimbang coklat manisan yang kaya gula. Rasanya lebih pahit.
  5. Jauhi stress dan bersantai. Stres adalah hipertensi yang sangat cepat. Jika pemicu naiknya tekanan darah adalah stress seperti karena urusan kerja, maka ambil cuti dan bergembiralah. Kalau stres datang, segera lakukan relaksasi.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
Cara Cepat dan Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better