Broom-Broom, Game Android Edukasi Berlalu Lintas Karya Mahasiswa UNY

Broom-broom

Broom-Broom, itulah game Android besutan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Permainan ber-platform Android ini dibuat untuk pengenalan dan pembelajaran berlalu lintas.

Game ini dibesut oleh empat mahasiswa yakni Muhammad Irfan Luthfi, Anisah Novi Karunia, Imas Nur, dan Anisa Nurhadiyati. Mereka tergabung di Fakultas Tehnik dan Fakultas Ekonomi UNY. Dalam prosesnya, tim ini bekerja sama dalam AIM Studio.

Game ini menyasar siswa SMA yang berjenis dua dimensi. Dengan pembuatan model game pembelajaran lalu lintas diharapkan mampu menarik minat siswa dan memudahkan mereka dalam pembelajaran materi.

Terlebih, game ini dikembangkan dalam bentuk simulasi. Apa yang didesain dan dimunculkan di permainan tersebut adalah representasi bentuk simulasi nyata apa yang terjadi di jalan raya dan lalu lintas di Indonesia.

“Game ini memiliki tiga level. Di awal permainan, pengguna bisa memilih akan simulasi menggunakan mobil atau motor,” kata Muhammad Irfan Luthfi, programmer game Broom-broom.

Dilanjutkannya, saat memilih mobil, interaksi menjadi tilt control. Yakni, perangkat Android digerakkan melingkar seperti setir mobil. Saat pakai motor, interaksi menjadi tap pada layar.

Game ini juga telah diujocobakan ke ahli media dan dinyatakan laik dengan skor rata-rata 3,42. Ahli materi berikan skor sangat laik dengan rata-rata 4,85. Sedangkan dari penilaian siswa, media ini laik untuk dikembangkan dengan skor rata-rata 3,80.

“Kami sempat mengujicobakan game ini kepada siswa di SMA 1 Kasihan, dan di sana tanggapan sangat baik. Banyak masukan untuk pengembangan. Harapannya, game ini bisa semakin berkembang, dan segera dipublikasikan di Playstore,” sambung Irfan.

Advertisements
Broom-Broom, Game Android Edukasi Berlalu Lintas Karya Mahasiswa UNY | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better