Bolehkah Makan Telur Tiap Hari?

telur rebus

Telur, baik itu telur ayam maupun bebek, sudah sangat familiar bagi manusia sebagai bahan pangan yang murah namun kaya gizi. Akan tetapi akibatnya, banyak ibu rumah tangga yang memilih telur sebagai pilihan yang sering mereka ambil sehari-hari untuk lauk keluarganya.

Pertanyaannya, amankah makan telur setiap hari? Padahal ada beberapa anggapan yang menyebutkan bahwa selain protein, telur juga mengandung kolesterol tinggi di bagian kuningnya. Sekitar 200 ml kolesterol terdapat dalam 1 butir telur. Ini tentu tak sehat bagi jantung.

Idealnya satu hari Anda hanya boleh mengonsumsi sebanyak 350 ml kolesterol saja. Lalu bagaimana jika seseorang makan telur setiap hari lebih dari 1 butir?

Dilansir laman Boldsky, ternyata jenis kolesterol pada telur ada yang baik dan jahat. Jenis kolesterol baik dalam telur dapat mengimbangi kolesterol jahat yang dikandungnya sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah yang normal.

Hal ini bahkan aman jika dikonsumsi oleh penderita jantung koroner, yang notabene memang harus mengurangi asupan kolesterolnya.

Namun menurut para ahli, batasan aman konsumsi telur adalah 6-7 butir dalam sepekan, atau 1 butir sehari. Ini jika kondisi kolesterol Anda normal dan tidak menderita hipertensi.

Bagi pasien jantung dan kolesterol tinggi, batas aman makan telur sepekan adalah 4 butir. Baiknya Anda mengolah telur dengan cara direbus, sebab jika digoreng maka kandungan kolesterol serta lemak trans nya bertambah dari minyak atau margarin yang digunakan

Advertisements
Bolehkah Makan Telur Tiap Hari? | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better