Bisakah Pasta Gigi yang Mengandung Pemutih Menghilangkan Noda Kuning Gigi?

pasta gigi

Masalah gigi yang berubah warna menjadi lebih kusam atau kuning, memang bikin kepercayaan diri menurun. Karena itu orang sering berusaha memutihkan kembali warna gigi dengan memakai cara praktis, yakni dengan membeli pasta gigi yang mengandung pemutih.

Fakta yang dilansir oleh situs Dailymail menyebutkan bahwa sekitar 40 persen lebih konsumen memilih pasta gigi yang mengandung pemutih, walau untuk itu mereka harus merogoh kocek lebih dalam.

Pasta gigi tersebut umumnya mengandung hidrogen peroksida, yang memang dapat membantu membuat warna gigi jadi lebih cerah dan menghilangkan noda kuning. Namun sayangnya, menurut studi tersebut yang dilakukan oleh Cochrane Oral Health di bulan Februari lalu, pasta gigi dengan pemutih tidak efektif memutihkan gigi.

Hidrogen peroksida yang ditambahkan dalam pasta gigi pada umumnya hanya sebesar 0,1 persen saja komposisinya. Ini memang untuk keamanan pengguna. Namun yang dipermasalahkan adalah, dengan komposisi sebesar 0,1 persen, zat tersebut tak berguna dalam perannya memutihkan gigi.

“Secara umum sejumlah produsen pasta gigi hanya menyertakan 0,1 persen hidrogen peroksida, agar aman. Hal inilah yang membuat gigi tidak kunjung putih,” terang Dr Nigel Carter, Chief Executive British Dental Health Foundation yang dikutip dari Dailymail.

Untuk dapat berfungsi dengan baik memutihkan gigi, yang dibutuhkan oleh pasta gigi adalah hidrogen peroksida paling tidak 30 kali dari jumlah yang ada di berbagai pasta gigi tersebut. Jadi memakai pasta gigi yang diklaim mengandung pemutih gigi sebenarnya tak banyak berguna. Pasta gigi biasa saja sudah cukup untuk membersihkan gigi Anda.

Advertisements
Bisakah Pasta Gigi yang Mengandung Pemutih Menghilangkan Noda Kuning Gigi? | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better