Bir Jawa Bikin Tubuh Hangat Tanpa Memabukkan

bir jawa

Jika di Betawi ada bir pletok, maka di Yogyakarta ada bir jawa. Ini adalah minuman tradisional yang merupakan hasil ramuan dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Minum bir jawa ini dijamin membuat badan hangat tanpa memabukkan. Pasalnya, bahan utamanya adalah rempah-rempah khas yang ada di Indonesia.

Bir jawa dibuat dengan memadukan aneka bahan alami. Misalnya adalah bunga cengkih, kayu manis, serutan kayu secang, jahe, kapulaga, daun serai, daun pandan, jahe, jeruk nipis dan gula batu. Kadang gula batu diganti dengan gula pasir untuk kepraktisan. Berbagai bahan ini direbus dalam sebuah panci atau periuk tanah liat hingga sarinya menyatu. Setelah itu disaring dan disajikan panas atau hangat.

Sekilas bahan-bahan ini mengingatkan pada menu minuman wedang uwuh (minuman “sampah”) yang populer di Jawa. Bahannya penuh dengan rempah. Satu hal yang pasti, gizi dari bir jawa ini diyakini mampu mengusir gangguan kesehatan ringan seperti masuk angina atau pegal-pegal.

Dar sisi tampilan, bir jawa mirip dengan bir alkohol. Hanya saja tidak berbuih. Selain itu, penyaringan membuat tidak ada ampas dalam minuman ini sehingga enak dipandang dan menggugah selera. Bir jawa juga disajikan secara dingin memakai es batu. Jika dikemas demikian, maka aroma rempah kurang kuat. Namun rasa rempah sangat legit di lidah begitu air bir jawa terkecap. Paduan rempah dan segarnya jeruk nipis cukup terasa.

Bir jawa cenderung memilik rasa yang lebih ringan dibanding minuman herbal lainnya. Sehingga, minuman ini cocok untuk semua orang dengan tetap memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan.

Foto: Okezone

Advertisements
Bir Jawa Bikin Tubuh Hangat Tanpa Memabukkan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better