Biji Semangka Ternyata Simpan Banyak Nutrisi

biji semangka

Biji semangka umumnya digunakan untuk bahan pembuatan kwaci, salah satu camilan yang nikmat disantap saat nonton televisi. Memang tak hanya daging buah semangka saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, namun biji buahnya pun bernutrisi tinggi.

Laman livestrong melansir bahwa saat Anda mengunyah biji semangka, maka ada beberapa mineral yang juga turut Anda konsumsi. Apa saja? simak berikut ini:

Protein

Biji semangka mengandung protein dalam bentuk asam amino beberapa jenis, yang diantaranya bernama arginin, triptofan, asam glutamat, dan lisin. Fungsi arginin bagi kesehatan adalah mengontrol tekanan darah dan cegah terjadinya jantung koroner.

Vitamin B

Ini adalah jenis vitamin yang dominan di dalam biji semangka, yang tersedia dalam bentuk niacin, folat, thiamin, riboflavin, vitamin B6 dan asam pantotenat. Manfaatnya untuk sistem saraf tubuh manusia, pencernaan, serta terhindar dari sakit beri-beri.

Mineral

Ada beberapa jenis mineral yang terdapat di dalamnya yakni magnesium, fosfor, zat besi, Natrium, mangan, seng, tembaga, dan lainnya. Seluruhnya mempunyai manfaat untuk kesehatan manusia.

Lemak

Lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, juga asam lemak omega 6 ada di dalam biji semangka, sehingga sayang sekali jika Anda membuangnya saat sedang mengonsumsi buah semangka. Jenis lemak tersebut baik untuk kesehatan jantung sebab bisa membantu menurunkan kolesterol, serta hipertensi.

Ingat untuk mengonsumsi biji semangka sekaligus saat memakan daging buahnya ya.

Advertisements
Biji Semangka Ternyata Simpan Banyak Nutrisi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better