Berkenalan dengan Nikon D5200

SilangHati.com – Pada segmen kamera DSLR kelas menengah, Nikon mengandalkan D5200 yang menghadirkan beberapa peningkatan dari generasi pendahulunya yaitu Nikon D5100.

fungsi tombol nikon d5200

Konsep Desain

Sama halnya dengan sebagian besar kamera DSLR amatir kelas menengah yang lainnya, Nikon D5200 tampil dengan kemasan bodi yang relatif kecil. Bobotnya juga tergolong ringan apabila dipasangkan dengan lensa kit standarnya. Nikon D5200 dibekali handgrip berlapis karet dengan tekstur yang tidak licin ditangan. Namun, desain handgrip tersebut terasa sedikit dangkal dan kurang nyaman saat digenggam dalam waktu yang lama, khususnya bagi Anda yang mempunyai telapak tangan besar.

mengenal nikon d5200

Pada bagian belakang bodinya tersedia sebuah layar LCD fleksibel dengan ukuran 3 inci yang bisa diputar. Kualitas tampilan layarnya termasuk cukup oke, baik di dalam ataupun luar ruangan, dengan kepadatan pixelnya yang cukup tinggi yaitu 921,000 titik. Nikon D5200 disertai dengan sejumlah tombol navigasi pada bagian samping layar dan atas bodinya. Tombolnya terasa nyaman saat ditekan dengan peletakkan yang juga sangat baik dan mudah untuk dijangkau. Sedangkan pada bagian samping kanannya tersedia slot kartu memori. Pada bagian samping kiri Nikon D5200 tersedia port konektivitas seperti port USB, MIC, HDMI, serta port untuk menyisipkan modul GPS.

Beradapatasi dengan tombol serta menu sebuah kamera DSLR memang bukan hal yang mudah bagi seorang pemula yang baru memegang DSLR. Namun, Nikon nampaknya telah cukup paham dengan hal tersebut.

cara menggunakan kamera nikon d5200

Hal tersebut tampak pada peletakkan tombol menu yang diletakkan pada sebelah kiri atas layar. Dengan demikian, Anda masih dapat menjangkau menu pengaturan hanya dengan menggunakan satu tangan untuk sekedar melakukan pengaturan kamera melalui tombol pintas yang disediakan. Tidak hanya itu, dengan adanya tombol info, Anda juga dapat menampilkan semua info pengaturan kamera seperti halnya shutter speed, ISO, diafragma, dan yang lainnya. Dengan menekan tombol tersebut untuk kedua kalinya, Anda dapat langsung melakukan pengaturan kamera yang diinginkan dengan sangat cepat dan mudah.

Fitur dan Performa

Nikon juga memudahkan penggunanya untuk memindahkan hasil foto pada kamera D5200 ke smartphone atau tablet PC berbasis iOS dan Android melalui koneksi WiFi. Namun, Anda perlu mengeluarkan dana ekstra untuk menikmati fitur tersebut. Karena Nikon D5200 belum disertai dengan modul WiFi terintegrasi sehingga Anda perlu membeli aksesori Nikon WU-1A terlebih dahulu.

Nikon D5200 dibekali dengan sensor CMOS APS-C beresolusi 24.1 megapixel serta dukungan prosesor Nikon EXPEED 3. Untuk membantu Anda dalam memotret, Nikon menyediakan 39 titik autofokus pada Nikon D5200. Kinerja autofokusnya termasuk sangat baik. Baik di dalam maupun luar ruangan, sistem autofokusnya mampu mengunci fokus dengan cukup cepat dan akurat. Hasil fotonya yang menggunakan lensa kit 18-55mm juga tergolong cukup baik. Hasil fotonya juga cukup tajam dengan warna yang akurat.

Pengaturan nikon D 5200

Hasil Foto 2 Nikon D5200

menu pemotretan nikon d5200

Hasil foto Nikon D5200 Indoor

Kendali White balance baik pada opsi AWB atau otomatis juga cukup baik. Dengan penggunaan prosesor EXPEED 3, Nikon D5200 mampu mengendalikan noise pada ISO tinggi dengan sangat baik serta kemampuan memotret continuos hingga 5 frame per detik. Dalam hal video, Nikon D5200 mampu digunakan untuk merekam video dengan resolusi Full HD 1080p.

Kesimpulan

Nikon D5200 menjadi kamera DSLR yang sangat cocok bagi Anda yang masih baru dalam menggunakan kamera DSLR. Tidak hanya mudah untuk dioperasikan serta dapat mengunci fokus dengan akurat, Nikon D5200 juga mampu menghasilkan foto yang cukup tajam dengan kinerja autofocus serta kendali ISO tinggi yang sangat baik di kelasnya.

Layar putarnya sangat berguna untuk memudahkan Anda dalam bereksperimen terhadap sudut pengambilan gambar. Apabila tidak keberatan dengan harga yang dibanderol di kisaran 8 jutaan rupiah dengan lensa kit 18-55mm, maka Nikon D5200 jelas patut untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi Nikon D5200


Sensor       : CMOS (DX) 24,1 megapixel.
Bobot          : 505 gram.
Viewfinder :pentamirror (95% coverage).
Layar          : LCD 3 inci (921.000pixel) vari-angle dengan sudut pandang 170°.
ISO             : ISO 100-6400.
Autofocus  : Nikon Multi-CAM 4800DX dengan 39 titik fokus.
Dimensi       : 129 x 98 x 78 mm.

Advertisements
Berkenalan dengan Nikon D5200 | admin | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better