Beriklan di Google Adwords atau Memasang Iklan di Facebook Ads?

Bagi rekan-rekan yang mengelola bisnis di ranah online, mungkin tidak asing lagi dengan salah dua dari layanan iklan untuk mempromosikan produk atau jasa. Adalah Google Adwords dan Facebook Ads yang menjadi platform utama kebanyakan pebisnis. Kemudian, pertanyaannya adalah, dari dua “merk” ini, mana yang akan Anda pilih sebagai media promosi berbayar Anda? Sebelum itu, perhatikan berbagai pertimbangan berikut ini.

Google Adwords vs Facebook Ads

Persamaan secara Umum

Google Adwords (Adwords) adalah perangkat milik Google. Jutaan orang perhari mengakses mesin pencari Google. Begitu pula dengan Facebook Ads (FBads) yang notabene adalah milik Facebook. Jutaan juga orang sign in ke akun mereka setiap harinya. Artinya, kedua layanan ini sama-sama memiliki user yang banyak.

Adwords dan FBads juga sama-sama mempunyai peluang yang besar untuk memperkenalkan produk Anda dengan jangkauan global. Uniknya, keduanya juga mempunyai sarana promosi dengan gratis, yaitu Google Plus dan Facebook Pages Ads.

Apa Perbedaan Adwords dan FBads?

Adwors mempunyai kinerja optimal seperti target jangkauan promosi hingga opsi format iklan bergambar dengan ukuran yang lebih besar ketimbang FBads. Meski demikian, FBads mampu menciptakan peluang promosi berupa strategi yang bisa bertahan lama (melalui engagment dengan audience dsb) dibandingkan Google Adwords, hasilnya produk atau nama dagang Anda akan mudah dilihat di media sosial.

Jumlah Lalu Lintas Pengunjung (traffic)

Tidak bisa dipungkiri, Facebook masih lebih unggul dari platform social media milik Google; Google Plus. Menurut data, traffic Facebook mencapai 45% lebih sedangkan Google Plus hanya dikisaran 15% saja. Dari data traffic ini, jika bisnis Anda ingin dibuatkan profilnya, tentu Facebook lebih berpotensi.

 

Nah, dengan berbagai persamaan dan perbedaan di atas, terlepas dari kekurangan atau kelebihan dari keduanya, pilihan tetap di tangan Anda. Konsultasikan dengan pihak-pihak berkompeten seperti partneriklan.com agar setiap keputusan yang akan Anda ambil untuk menetapkan strategi seperti apa yang ingin dijalankan.

Masih banyak sebenarnya bentuk media berpromosi di internet. Namun begitu, dua buah layanan inilah yang paling dominan dan berpotensi besar untuk kesuksesan campaign bisnis Anda. Sejatinya, kedua bentuk platform iklan ini bukan untuk dipertentangkan. Akan tetapi, bisa Anda gunakan sesuai keperluan. Jika dirasa cara membuat iklan di facebook lebih tertarget untuk produk A, sedangkan produk B lebih oke dengan Google Adwords, maka gunakan kedua media promosi tersebut. Seperti itulah kira-kira penyeimbangnya.

Advertisements
Beriklan di Google Adwords atau Memasang Iklan di Facebook Ads? | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better