Benarkah DNS Google Diblokir atas Perintah Kemenkominfo?

Google

Beberapa hari lalu tersiar kabar bila Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) edarkan anjuran untuk memblokir DNS Google pada penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia. Namun kabar tersebut kemudian dibantah.

“Tidak ada (pelarangan DNS Google) itu, Kominfo tidak pernah mengeluarkan instruksi seperti itu,” aku Ismail Cawidu, juru bicara Kementerian Kominfo pada Kompas dikutip Kamis (9/10).

Sebelumnya, CEO Biznet Adi Kusma mengatakan pada Daily Social jika sesuai intruksi Kemenkominfo pengguna hanya diizinkan untuk menggunakan DNS lokal ISP (Biznet). Namun ketika dikonfirmasi secara terpisah, Ismail berikan penjelasan yang berbeda.

Sedangkan kemungkinan diblokir atau tidaknya DNS publik milik Google di alamat 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, menurut Ismail hal tersebut akan ditentukan oleh pemerintah di masa depan. Ia secara khusus menyebut bakal tergantung siapa menterinya (Menkominfo) nanti.

Sepertihalnya Biznet, Telkom Speedy juga lakukan hal serupa. ISP tersebut juga memblokade DNS publik Google. DNS Google sendiri adalah layanan alternatif DNS resolver milik ISP. Dibanding dengan DNS lokal (ISP), DNS Google tawarkan keunggulan berupa kecepatan dan privasi tinggi.

Jika Kemenkominfo benar lakukan pemblokiran pada DNS Google, untuk apa mereka lakukan itu? Bambang Heru Tjahjoho, Dirjen Aplikasi dan Teknologi Informatika (Aptika) Kemenkominfo mengatakan sejak diberlakukannya Permenkominfo No 19-2014 memang tidak diizinkan penggunaan DNS lain yang tidak memiliki filtering Database Trust+.

“Pemblokiran DNS ini merupakan suatu upaya untuk mencegah pelanggan mengelabui DNS Biznet dalam mengakses konten yang tidak diperbolehkan oleh Biznet maupun ISP nasional berlisensi lainnya,” jelas Bambang seraya mencontohkan Biznet sebagai satu ISP yang memblokir DNS di luar miliknya sendiri.

Advertisements
Benarkah DNS Google Diblokir atas Perintah Kemenkominfo? | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better