Benarkah Brownies Ganja Bisa Hilangkan Rasa Sakit?

brownies ganja1

Peredaran kue brownies yang diberi tambahan ganja mengejutkan banyak pihak, sebab tersangka pengedar ternyata menjualnya di pusat perbelanjaan Blok M yang dapat dibeli oleh siapa saja. Alasan yang diberikan oleh si pembuat yang kini sudah berada di tahanan kepolisian adalah karena ia sendiri menderita penyakit HIV dan kue mengandung ganja itu bisa meredakan rasa nyeri dan sakit yang alami.

Fakta mengenai ganja yang digunakan sebagai obat pereda nyeri memang tak bisa disangkal, sebab beberapa negara sudah melegalkan penggunaannya dalam dunia medis. Pasien kanker yang usai menjalani kemoterapi adalah contoh pasien yang diperbolehkan memakainya, tentu dengan dosis yang ditentukan dokter.

Akan tetapi tentu hal tersebut berbeda kasus dengan ganja yang digunakan oleh pecandu. Dr Andri, SpKJ, psikiater dari RS Omni Alam Sutera menjelaskan perihal itu.

Indonesia sendiri hingga kini termasuk dalam negara yang belum melegalkan pemakaian ganja, termasuk di dunia medisnya. Alasannya karena masih ada alternatif obat pereda nyeri lain yang bisa digunakan dan legal.

“Pengobatan nyeri itu ibarat anak tangga. Misalnya nyeri yang ringan cukup parasetamol, kalau sudah sangat berat dan tidak sembuh-sembuh bisa menggunakan obat dari serat opium,” jelasnya.

Efek dari penggunaan ganja sebagai pereda nyeri adalah munculnya halusinasi, dan itu bukan efek yang baik, ucap dr Andri seperti dilansir laman Health.detik.

“Harus hati-hati dengan ganja. Efeknya ke tiap orang beda-beda, terkait halusinasi kemudian kondisi pemikiran dan perasaannya menjadi tidak sesuai,” tutupnya.

Advertisements
Benarkah Brownies Ganja Bisa Hilangkan Rasa Sakit? | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better