Belanda Terancam Gagal Lolos ke Euro 2016, Guus Hiddink ‘Menyerah’

Belanda Terancam Gagal Lolos ke Euro 2016, Guus Hiddink 'Menyerah'

Belanda terancam gagal lolos ke Euro 2016 setelah cuma menuai tujuh poin di kualifikasi hingga lima pertandingan. Terakhir mereka nyaris dipermalukan Turki dalam skor imbang 1-1 pada Minggu (29/3/2015). Pelatih Oranje, Guus Hiddink mengaku timnya bukan lagi yang terbaik di Eropa.

Belanda bisa mengulang periode buruk kala mereka tak mampu menembus putaran final Euro 1984 dan Piala Dunia 2002. Saat ini, Oranje ada di peringkat ketiga klasemen Grup A. Andai bertahan di posisi tersebut, mereka harus menjalani play-off ke Prancis 2016, dan bisa saja gugur ketika bertemu dengan peringkat ketiga grup lain. Padahal, kualifikasi Euro 2016 terjadi hanya kurang dari setahun sejak Belanda meraih tiga besar Piala Dunia 2014.

Pelatih Guus Hiddink menjadi orang pertama yang menjadi sasaran kritik pedas penampilan di bawah standard pasukannya. Berbicara kepada NOS, Hiddink mengatakan, “Tentu saja saya bisa mengembalikan tim ini ke performa terbaik. Tapi saat ini, saya tidak tahu kapan hal tersebut terjadi.”

“(Laga melawan Turki) bukanlah pertandingan yang baik, tapi saya puas dari segi hasil. Pada akhirnya, mungkin hasil imbang ini bisa menjadi sangat penting (di kemudian hari untuk menentukan peringkat).”

Sebagian penggemar Belanda meninggalkan stadion sebelum laga melawan Turki usai sebagai bentuk protes pada Hiddink. Namun, sang pelatih mengingatkan, fans Belanda harus lebih realistis pada kenyataan yang ada. Prestasi di Piala Dunia memang istimewa. Namun kini, Oranje memasuki periode yang sulit.

“Kami harusnya tidak terlalu membanggakan diri karena Belanda bukan lagi tim papan atas di Eropa. Tiga besar di Piala Dunia Brazil luar biasa, tapi Anda harus menatap jauh dari hasil tersebut. Lihatlah kenyataan (dengan permainan Belanda saat ini),” cetusnya.

Advertisements
Belanda Terancam Gagal Lolos ke Euro 2016, Guus Hiddink ‘Menyerah’ | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better