Begini Sensasi Terbang Ngeri di Bandara dengan Ujung Berupa Jurang

Matekane-Air-Strip

Bandara di Afrika ini sangat ekstrim. Namanya Bandara Matekane Air Strip yang memiliki landasan pacu dengan ujung berupa jurang berkedalaman 600 meter. Pesawat yang landing maupun take off dijamin penuh tantangan. Kala mendarat, pesawat mesti menyesuaikan ketinggiannya secara tepat. Di waktu tinggal landas, kadang pesawat harus turun sedikit ke arah jurang lalu naik ke atas.

Metakane Air Strip berada di Lesotho, Afrika. Bandara tersebut letaknya di ketinggian 2.300 meter. Landasan pacunya hanya memiliki panjang 400 meter. Tepinya langsung berhadapan dengan jurang. Penampakan dari angkasa terlihat sangat jelas jurang ini dengan kedalaman seolah tanpa batas saking panjangnya menuju bawah tanah.

Dikutip dari Detik Travel, pilot yang berada di sana mesti benar-benar memperhitungkan kekuatan angin. Keseimbangan harus terjaga kalau tidak ingin celaka kala mendarat. Begitu pula kalau angin tidak stabil saat hendak tinggal landas, bisa-bisa pesawat tidak mau terangkat ke angkasa. Pilot harus cukup jeli menebak arah angin.

Sebenarnya bandara ini milik perusahaan yang menangani bisang kemanusiaan dan kedokteran di daerah Lesotho. Perusahaan bernama Matekane Group tersebut bukan bandara komersil dan diperuntukkan untuk lalu lintas dokter maupun relawan yang hendak memberikan jasa kemanusiaan bagi warga Lesotho.

Di daerah ini tidak ada bangunan bandara atau pun air traffic control. Perusahaan hanya menyediakan landasan pacu dan terletak di tempat terpencil dengan akses jalan yang sulit. Hanya pesawat perintis yang bisa mengakses bandara ini.

Advertisements
Begini Sensasi Terbang Ngeri di Bandara dengan Ujung Berupa Jurang | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better