Begini Bentuk Bungkus Rokok di Singapura yang Informatif

bungkus rokok1

Iklan rokok makin dibatasi dan bungkusnya pun kini dijejali dengan foto-foto mengerikan akibat merokok. Namun gambar pada bungkus rokok sangat berbeda seperti yang terjadi di Singapura. Negara tersebut justru mewajibkan peringatan bahaya merokok pada bungkus dengan foto yang lebih menakutkan tapi mengundang perhatian.

Contohnya, sebuah rokok menampilkan gambar sosok janin yang menderita saat dirinya terpapar asap rokok. Dia merasa kesakitan. Tidak sampai di situ, pada bungkus rokok juga dituliskan informasi yang mengajak perokok agar insyaf dan meninggalkan kebiasaan buruknya itu. Misalnya terdapat informasi bahaya racun saat perokok mengisapnya, termasuk berbagai risiko kesehatan yang diterima oleh orang lain yang ikut menghirup (perokok pasif).

bungkus rokok2

“Smoking exposes you and those around you to more than 4.000 toxic chemicals, of which at least 60 can cause cancer. The chemicals include Tar, Nicotine, Carbon Monoxide, Formaldehyde, Ammonia and Benzene,” demikian penggalan tulisan peringatan tersebut pada bungkus rokok di Singapura, seperti dikutip dari Detik Health.

Meski begitu, pictorial health warning (HW) tersebut turut dilengkapi informasi pihak yang bisa dihubungi perokok jika dirinya memutuskan untuk berhenti merokok. Nomor hotline telah dicantumkan pada bagian depan bungkus. Perokok dapat menelepon ke 1800-438 2000. Sehingga, pemerintah turut andil langsung untuk memfasilitasi niatan untuk berhenti merokok bagi warganya.

Advertisements
Begini Bentuk Bungkus Rokok di Singapura yang Informatif | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better