Sesuaikan Beban Cuci Berdasarkan Kapasitas Mesin Cuci

Dalam dunia mesin cuci, besar atau kecil kapasitas cucinya merupakan hal yang penting. Mempunyai mesin cuci berkapasitas besar akan memungkinkan proses pencucian menjadi tidak terlalu sering. Dengan kata lain, beban listrik akan lebih hemat serta air yang digunakan juga lebih terpangkas. Meskipun secara teori seperti itu, mesin cuci berkapasitas kecil bisa saja menjadi pilihan terlebih Anda hanya hidup sendiri dan belum berkeluarga.

Pakaian yang terlalu banyak akan berakibat kelebihan beban cuci. Memasukkan dengan paksa pakaian ke dalam mesin cuci yang sudah melewati kapasitasnya akan membuat pergerakan pakaian ketika dicuci menjadi tidak efektif.

Beri ruang jarak kurang lebih 1 genggam tangan Anda antara pakaian paling atas dengan batas paling atas tabung agar pakaian bisa bergerak bebas ketika dicuci.

Di bawah ini terdapat petunjuk atau keterangan kapasitas untuk beban sebuah mesin cuci berdasarkan daya tampungnya. Data di bawah ini bisa digunakan untuk mesin cuci top load ataupun front load.

  • Kapasitas 5 kilogram: 25 kemeja atau kaus (2 orang penghuni)
  • Kapasitas 6 kilogram: 30 kemeja atau kaus (2 orang penghuni)
  • Kapasitas 7 kilogram: 35 kemeja atau kaus (2-3 orang penghuni)
  • Kapasitas 8 kilogram: 40 kemeja atau kaus (3-4 orang penghuni)
  • Kapasitas 9 kilogram: 45 kemeja atau kaus (4-5 orang penghuni)
  • Kapasitas 10 kilogram: 50 kemeja atau kaus (>5 orang penghuni)

Dari data di atas, rata-rata kemeja berbahan katun. Selebihnya, tinggal menyesuaikan. Pakaian berbahan jeans, jaket atau yang tebal (selimut atau gorden) akan turut mengurangi jumlahnya.

Pilih Mesin Cuci Berdasarkan Kapasitasnya

Setiap mesin cuci memiliki tipe dengan ketentuan beban spesifik. Mesin cuci front loading (bukaan depan) dengan mesin cuci dua tabung akan berbeda daya tampungnya.

  • Mesin cuci dua tabung sanggup 6 kg sampai 15 kg beban kapasitas cuci
  • Mesin cuci satu tabung dari 6,5 kg hingga 20 kg beban kapasitas cuci
  • Mesin cuci Bukaan Depan (front loading) bisa mencuci 6 kg sampai 17 kg beban pakaian

cara mencuci dengan mesin cuci otomatis

Dalam mencuci, gunakan deterjen khusus untuk mesin cuci, seperti Rinso Matik. Bagi keluarga dengan 3 atau lebih penghuni rumah, disarankan untuk 2x seminggu untuk mencuci. Di bawah itu, cukup 1x seminggu frekuensi untuk mencuci. Menentukan pilihan mesin cuci dengan kapasitas seperti apa yang ingin dibeli bisa dengan memperhatikan tumpukan pakaian kotor yang akan dicuci dalam 1 minggu. Kemudian, cocokkan dengan data di artikel ini. Anda akan mendapatkan ukuran yang tepat untuk mesin cuci yang cocok dengan kebutuhan rumah tangga Anda.

Advertisements
Sesuaikan Beban Cuci Berdasarkan Kapasitas Mesin Cuci | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better