Bayi Cellista Menderita Alagille Syndrom, Ini Penjelasan Penyakit Langka Tersebut

bayi cellista

Nasib yang dialami bayi 14 bulan Cellista Asanfa memang cukup tragis. Dia didiagnosa menderita Alagille syndrom yang merupakan penyakit langka. Warga Kota Solo itu mesti menjalani transplantasi liver untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Para dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta merujuknya untuk operasi transplantasi di Jepang.

Namun biaya yang mesti ditanggung sebesar Rp 600 juta. Orang tua Cellista lantas meminta bantuan lewat fanpage di Facebook agar netizen bersedia melakukan donasi setidaknya Rp 20 ribu untuk membantu bayi Cellista. Sebenarnya seperti apa Alegille syndrome atau sindrom Alegille tersebut?

Dikutip dari laman NIH.gov, Alegille adalah sindrom yang dapat merusak organ hati (liver), jantung, dan bagian lain dari tubuh. Ini adalah penyakit langka yang muncul akibat kelainan generic. Pada kasus yang menyerang bayi Cellista, sindrom ini memberikan kelainan di saluran empedu. Dalam proses normal, empedu dari hati disalurkan ke kantung empedu dan usus kecil. Fungsinya untuk membantu memecah lemak.

Jika empedu terkena sindrom Alegille, maka saluran empedu menjadi sempat, cacat, sehingga mengakibatkan jumlah empedu yang disalurkan berkurang. Walhasil cairan empedu akan mengendap lebih banyak di dalam hati dan menimbulkan jaringan parut. Hal ini mengurangi kinerja hati dalam membuang limbah di dalam aliran darah. Organ hati pun kelamaan menjadi rusak.

Tanda mulai rusaknya hati agak mirip dengan orang yang sakit kuning. Pasien mengalami semburat kekuningan pada kulit dan putih mata, gatal-gatal di kulit, dan terdapat kumpulan kolesterol pada kulit (xanthomas).

Oleh sebab itu, jika hati sudah rusak maka salah satu jalan dilakukan transplantasi hati. Operasi ini diharapkan membantu mengembalikan fungsi hat di dalam tubuh. Diperkirakan angka kejadian sindrom Alegille terjadi 1:70.000 dari bayi yang lahir. Kebanyakan sindrom ini menyerang pada hati.

Advertisements
Bayi Cellista Menderita Alagille Syndrom, Ini Penjelasan Penyakit Langka Tersebut | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better