Bayi Bisa Update Status FB Pakai Mainan Ini

Mainan Bayi

Jika Anda menjumpai foto bayi diunggah ke FB, siapa sedianya yang berhak mengunggahnya? Orangtua atau bayi itu sendiri? Konyol memang jika seorang bayi diminta untuk unggah foto ke Facebook. Namun dengan mainan ini, New Born Fame, bukan tidak mungkin dilakukan.

New Born Fame dibesut oleh seorang desainer asal Belanda, Laura Cornet. Ada hal menarik dibalik lahirnya mainan unik itu. Cornet mengaku heran dengan aksi orangtua yang suka unggah foto bayi mereka ke FB.

Ia mempertanyakan argumen orangtua mengapa lakukan itu. Dalam satu penelitian yang dilakukan, setengah dari bayi yang lahir telah online di hari pertama mereka membuka mata.

“Tapi apakah bayi setuju foto mereka diunggah,” kata Cornet.

Untuk itu ia mendesain New Born Fame. Sebuah mainan bayi yang memungkinkan mengambil foto otomatis kemudian mempostingnya ke Facebook. Tak hanya FB, media sosial lain juga bisa disasar. Tujuan lain, yakni menjawab argumen siapa sesungguhnya yang berhak mengunggah foto ke jagat maya. Lantas bagaimana wujud mainan itu?

Mirip sebuah mainan gantung yang ada di atas ranjang bayi, New Born Fame menggantung dengan logo Facebook dan burung Twitter. Ketika bayi mencoba untuk meraihnya, mainan ini akan bidik foto atau abadikan video yang kemudian diunggah ke media sosial.

New Born Fame adalah proyek kelulusan Cornet di Eindhoven Design Academy, Belanda. Apa yang ia ciptakan memicu banjir reaksi. Ada yang marah, ada pula yang menyebutnya gila. Sebuah aksi eksploitasi mengekspos bayi ke media sosial.

“Itu (New Born Fame) membuktikan pernyataan saya, saya benar-benar bahagia,” kata dia, News4jax melansir Rabu (5/11).

Advertisements
Bayi Bisa Update Status FB Pakai Mainan Ini | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better