Batuk, Minum Madu dan Lemon Saja

madu dan lemon

Batuk memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika batuk tersebut disertai dengan dahak. Namun meminum obat herbal tradisional seperti madu dan lemon saja, ternyata sakit batuk bisa diusir, lho. Fakta ini dibenarkan oleh dokter terkemuka di Inggris, dan menyebut bahwa madu dan lemon lebih mujarab ketimbang obat batuk buatan pabrik.

Akan tetapi untuk beberapa kasus batuk, memang obat buatan perusahaan farmasi memiliki sedikit kelebihan dalam mengatasinya. Misalnya untuk masalah batuk yang disertai demam, atau dahak yang mengganggu dan tersumbat.

Dalam obat batuk buatan pabrik biasanya ada tambahan berupa paracetamol yang berfungsi sebagai penurun panas. Juga beberapa bahan yang khasiatnya untuk mengencerkan dahak yang menyumbat saluran nafas.

Namun untuk batuk ringan, batuk alergi, atau batuk jenis lainnya, meminum lemon dan madu sangat efektif menyembuhkan. Hal ini ditulis dalam website NHS Choices, lembaga kesehatan resmi di Inggris.

“Tak ada cara cepat menyingkirkan batuk yang disebabkan infeksi virus. Batuk akan sembuh setelah sistem kekebalan tubuh berhasil berjuang lawan virus,” kata dokter Tim Ballard, dari NHS.

Dilansir laman Dailymail, dokter Ballard juga menyebutkan bahwa “Bukti medis dibalik manfaat obat batuk sangat lemah dan tak ada bukti untuk mengatakan bisa mempercepat kesembuhan.”

Dalam studi tim dokter tersebut juga menyebutkan bahwa obat batuk yang populer sekalipun tidak bekerja seperti iklan yang mereka gembar gemborkan. Untuk menanggapi hasil penelitian tim dokter tersebut, asosiasi perdagangan nasional Inggris berkilah bahwa obat batuk yang beredar memang hanya meredakan gejala-gejala yang menyertai penyakit batuk.

Advertisements
Batuk, Minum Madu dan Lemon Saja | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better