Barcelona Siap Jadikan Xavi Sebagai Pelatih Pada Tahun 2016?

Barcelona Siap Jadikan Xavi Sebagai Pelatih Pada Tahun 2016

Barcelona konon siap menjadikan Xavi Hernandez sebagai pelatih pada tahun 2016. Demikian yang disampaikan harian Kicker yang meyakini, tahun tersebut akan menjadi titik besar revolusi Barca, dengan dipilihnya Joan Laporta sebagai presiden baru.

Sebelumnya, Joan Laporta yang memang bersiap kembali menjabat sebagai orang nomor satu Barcelona, digosipkan ingin menunjuk pelatih lain, Jose Mourinho. Namun ternyata gosip itu hanyalah gosip semata. Kicker memprediksi justru Xavi yang hingga sekarang masih merumput, yang berpotensi menjadi pilihan Laporta.

Pemilihan Xavi bukan karena sang calon presiden Barca enggan berseteru dengan fans. Jose Mourinho memang meninggalkan kesan buruk bagi Barcelona pada khususnya, dan Liga Spanyol pada umumnya. Namun, Laporta diduga ingin menunjuk Xavi untuk mengulang formula kesuksesan Barcelona sebelumnya.

Pada musim panas 2008, setelah Frank Rijkaard mundur, Laporta menunjuk Pep Guardiola sebagai pengganti. Banyak yang memperolok kebijakan itu. Apalagi kemudian Pep sempat membawa hasil buruk untuk Barca. Namun akhirnya, musim kompetisi tersebut berakhir dengan tiga gelar untuk klub Catalan.

Xavi diyakini memiliki aura seperti Pep andai menjadi pelatih. Ia saat ini menjabat kapten utama Barcelona setelah Carles Puyol pensiun dan Victor Valdes tak memperpanjang kontrak.

Meskipun demikian, rencana Laporta ini belum tentu mulus. Pasalnya ia belum pasti menjabat sebagai presiden, dan belum tentu pula pelatih saat ini, Luis Enrique, gagal.

Advertisements
Barcelona Siap Jadikan Xavi Sebagai Pelatih Pada Tahun 2016? | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better