Barcelona Peringati Satu Tahun Meninggalnya Tito Vilanova

Barcelona Peringati Satu Tahun Meninggalnya Tito Vilanova 1

Barcelona memperingati satu tahun meninggalnya Tito Vilanova. Sang pelatih berpulang setelah perjuangan hebat melawan kelenjar parotis. Vilanova adalah bagian penting dalam era kejayaan Barca, sebagai asisten Pep Guardiola. Tito juga satu-satunya pelatih Barca yang mampu mendapatkan 100 poin dalam semusim pada 2012-2013.

25 April 2014, mendung menyelimuti dunia sepakbola. Tito Vilanova yang tengah beristirahat dari jabatan pelatih Barcelona, mengembuskan napas terakhir. Namun, perjuangan hebat Tito yang tetap memaksakan diri menangani klub sepanjang musim 2012-2013, menjadi inspirasi banyak kalangan. Ketika ia meninggal, banyak pesan yang menyatakan, “Tito kau sudah menang!”.

Tito Vilanova meninggalkan banyak cerita bagi Barcelona. Ia pernah menangani Lionel Messi dan generasinya ketika di akademi Barca. Tito kemudian dipanggil untuk menemani Pep Guardiola, menangani Barcelona B, lantas Barca senior. Keberhasilan klub Catalan merebut 14 gelar dari 19 yang tersedia dalam empat tahun era Pep, tak terlepas dari sentuhannya.

Barcelona Peringati Satu Tahun Meninggalnya Tito Vilanova 2

Tito termasuk salah satu pencetus gagasan false nine, yang ditemukan oleh Carles Rexach dan dimatangkan oleh Pep Guardiola. Ketika Pep memilih istirahat sejenak, meninggalkan Barca di musim panas 2012, Tito ambil kendali. Ia sukses memberikan gelar juara Liga Spanyol dengan perolehan 100 poin. Rekor yang hanya bisa disamai Real Madrid musim sebelumnya di era Jose Mourinho.

Barcelona sendiri, sangat menghargai dedikasi Tito Vilanova. Dua bulan lalu, 20 Februari 2015, klub Catalan mengubah nama lapangan latihan 1 di Ciutat Esportiva menjadi Camp Tito Vilanova. Lapangan latihan 1 ini adalah tempat para pemain utama berlatih menyusun strategi.

Kini setahun berlalu, kenangan terhadap Tito Vilanova tidak pudar. Seperti yang tersemat dalam sebuah tulisan, “TIto, Per Sempre Etern”. Tito, selamanya abadi.

Advertisements
Barcelona Peringati Satu Tahun Meninggalnya Tito Vilanova | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better