Barcelona ‘Main Tandang’ di Final Copa del Rey 2015, Athletic Bilbao Yakin Menang

Barcelona 'Main Tandang' di Final Copa del Rey 2015, Athletic Bilbao Yakin Menang

Final Copa del Rey 2015 memang akan digelar di Camp Nou pada 31 Mei 2015 mendatang. Namun, Barcelona akan berlaku sebagai tim tandang, sementara Athletic Bilbao menjadi tim kandang. Presiden Athletic, Josu Urrutia pun berkampanye, timnya bisa membalas dendam atas kekalaahn di final Copa del Rey 2012.

RFEF telah memutuskan final Copa del Rey 2015 tidak dimainkan di tempat netral. Camp Nou yang merupakan kandang Barca berhak menggelar partai puncak tersebut, dengan konsekuensi tuan rumah diambil alih Athletic Bilbao. Klub Basque tersebut akan memakai ruang ganti tuan rumah, sementara Barca yang bermain di kandang sendiri akan menggunakan ruang ganti yang biasanya dipakai oleh tim tandang.

Athletic Bilbao hanya memiliki peluang tampil di Eropa jika menang di final Copa del Rey 2015. Andai cuma menjadi runner-up, mereka tidak akan tampil di Liga Europa musim depan. Jatah akan diberikan kepada tim peringkat tujuh Liga Spanyol. Dengan bermain di Camp Nou, peluang Athletic terlihat menipis. Namun tidak demikian bagi Josu Urrutia sang presiden.

Ia mengatakan, “Kami pernah menjadi juara di final Copa del Rey 1958 di Santiago Bernabeu kala melawan Real Madrid. Yang paling penting di atas segalanya adalah, kami bermain di final sekali lagi, dan punya peluang untuk merebut gelar.”

Meskipun Barcelona tampil di Camp Nou, mereka tidak akan mendapatkan keuntungan bisa menyetor penonton lebih banyak. Masing-masing klub hanya berhak memperoleh 40.000 tiket. Sementara sisanya sesuai kuota Camp Nou, akan diberikan kepada masyarakat umum.

Bagi Urrutia, hal ini menjadi secercah harapan. Dengan sedikit jumawa ia berkomentar, “Kami secara praktik bisa membawa seluruh (penonton di) San Mames ke Barcelona.”

Pada final Copa del Rey 2013, Atletico Madrid yang tampil di Santiago Bernabeu bisa mengalahkan Real Madrid. Kali ini, Athletic berpeluang membalas kekalahan telak 3-0 dari Barca tiga tahun lalu yang menjadi kado perpisahan pelatih kala itu, Pep Guardiola.

Advertisements
Barcelona ‘Main Tandang’ di Final Copa del Rey 2015, Athletic Bilbao Yakin Menang | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better