Barcelona Ditinggal Pergi Penerus Lionel Messi, Takefusa Kubo

Barcelona Ditinggal Pergi Penerus Lionel Messi, Takefusa Kubo

Barcelona harus merasakan beratnya sanksi FIFA terhadap mereka. Pasalnya, Takefusa Kubo, penerus Lionel Messi dikabarkan segera meninggalkan klub tersebut. Di saat yang bersamaan, Barca B yang dianggap sebagai kawah candradimuka jebolan akademi La Masia sebelum mentas ke tim utama, sedang ada di titik terburuk: ada di urutan kedua dari bawah di Segunda Division.

Sanksi FIFA terhadap Barcelona karena perekrutan pemain di bawah usia 18 tahun mulai terasa dengan ancaman eksodus para bocah yang selama ini dibina di akademi klub. Para pemain yang berasal dari negara non Uni Eropa memang tidak mendapatkan kepastian bisa bertahan atau tidak hingga Januari 2016.

Takefusa Kubo, bocah ajaib berusia 13 tahun yang didatangkan dari Jepang pada tahun 2011, kini segera kembali ke negeri asalnya bersama keluarga. Padahal, Take yang playmaker berkaki kidal itu, diyakini akan bisa sehebat Lionel Messi di kemudian hari.

Sementara itu kasus yang sama berlaku untuk Lee Seung Woo, Paik Seung Ho, dan Jang Gyeol-Hee. Ketiganya kemungkinan juga akan mengambil langkah kembali ke Korea Selatan. Untuk Seung Ho yang berusia 18 tahun, kariernya sedang bermasalah, karena kontrak profesional baru bisa ditandatangani pada Januari 2016 begitu Barca bebas dari sanksi FIFA. Artinya ada waktu delapan bulan lebih baginya ‘menganggur’.

Pemain-pemain lain yang berasal dari luar Eropa juga bisa mengikuti jejak eksodus. Misalnya Ben Lederman (Amerika Serikat, 14 tahun), Bobby Adekanye (Nigeria, 16 tahun saat ini dipinjam PSV), dan Patrice Sousia (Kamerun, 16 tahun). Sedikit merumitkan masalah, Barcelona B yang menjadi tempat penetasan bakat-bakat muda klub Catalan, sekarang terancam degradasi dari Segunda Division.

Advertisements
Barcelona Ditinggal Pergi Penerus Lionel Messi, Takefusa Kubo | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better